Sabtu, 23 Agustus 2014

Coba-coba diagnosa badan sendiri bisa berbahaya

Selasa, 31 Juli 2012 11:38 WIB | 1.303 Views
Coba-coba diagnosa badan sendiri bisa berbahaya
Ilustrasi (ANTARA News/lukisatrio)
Jakarta (ANTARA News) - Mencoba untuk mendiagnosa sendiri penyakit yang kemungkinan Anda derita, menggunakan piranti pencarian Google, bukanlah tindakan yang bijak, karena bisa berakibat fatal.

Beberapa ilmuwan Hong Kong memberikan informasi mengenai gejala-gelaja penyakit seperti influenza, HIV, dan kanker payudara, kepada 250 mahasiswa, sebagai subjek penelitian.

Para ilmuwan ini lalu meminta mereka untuk mendiagnosa satu penyakit berdasarkan gejala yang dialami para mahasiswa ini atau pun orang lain.

Hasilnya, para subjek penelitian lebih sering menyimpulkan gejala yang dialami sebagai penyakit langka, meskipun banyak orang lain yang mengalami gejala yang sama.

Hasil penelitian ini lalu diterbitkan pada Journal of Consumer Research.

Kesalahan dalam diagnosa ini bisa menyebabkan seseorang menjadi cemas, stress, mengunjungi dokter spesialis yang sebenarnya tidak perlu, bahkan bisa menjadi sakit berat akibat stress, sebagaimana dikutip dari Health.com

Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa seseorang yang mengalami gejala penyakit tertentu, akan mendiagnosa rasa sakitnya dengan penyakit yang paling mengerikan, dan ini adalah kesalahan besar.

Bila Anda ingin mencari informasi lebih mengenai sakit yang Anda derita, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

(M048)

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca