Selasa, 29 Juli 2014

Uji kompetensi guru di Semarang kembali gagal

Selasa, 31 Juli 2012 14:14 WIB | 2.173 Views
Uji kompetensi guru di Semarang kembali gagal
Sejumlah guru menjalani ujian kompetensi UKG) di SMP N 1 Kudus, Jateng, Senin (30/7). Ratusan guru tidak dapat mengakses soal UKG karena server dari pusat belum terkoneksi dengan server tempat berlangsungnya UKG. (FOTO ANTARA/Andreas Fitri Atmoko)
Semarang (ANTARA News) - Pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG) hari kedua, Selasa, di Kota Semarang kembali mengalami kegagalan karena problem jaringan Internet.

Salah satunya terlihat di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Semarang, di mana para guru yang menjadi peserta UKG terlihat menjajal koneksi komputer dan sebagian lagi hanya duduk di depan monitor.

Menurut Endang Susilowati, salah satu peserta UKG di SMA Negeri 3 Semarang, komputer digunakan untuk ujian tidak dapat terkoneksi dengan server pusat, sehingga mereka tidak dapat melakukan proses login.

"Saya kebagian ujian gelombang pertama pukul 07.00-10.00 WIB. Namun, karena tidak bisa login akhirnya ditunda. Saya manut saja, bagaimana lagi," kata guru pengampu Biologi di SMA Negeri 3 Semarang ini.

Kepala SMA Negeri 3 Semarang Hari Waluyo mengakui bahwa pelaksanaan UKG hari kedua (31/7) untuk gelombang pertama dan kedua sudah diinstruksikan ditunda, sementara UKG gelombang tiga masih menunggu keputusan.

"Pelaksanaan UKG gelombang ketiga baru dimulai pukul 14.00-16.30 WIB. Kami masih menunggu keputusan dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah dan Dinas Pendidikan Kota Semarang," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Disdik Kota Semarang Tri Waluyo mengatakan bahwa UKG pada hari pertama (30/7) sudah diputuskan ditunda dan diganti pada 5 Agustus mendatang.

"Untuk UKG hari kedua (31/7) ternyata kembali mengalami kegagalan koneksi dengan server sehingga ditunda juga. Kami sudah mendapatkan instruksi LPMP Jateng untuk penundaan UKG hari pertama dan kedua," katanya.

Ia mengakui bahwa problem yang dihadapi saat pelaksanaan UKG hari kedua (31/7) ini masih sama dengan hari pertama (30/7), yakni peserta tidak bisa login karena komputer tidak terkoneksi dengan server pusat.

"Problem semacam ini tidak hanya dialami di Semarang, melainkan di berbagai daerah. Kalau terus mengalami kegagalan koneksi dengan server pusat, peserta UKG diusulkan ikut saat susulan bulan Oktober 2012," katanya.

(KR-ZLS)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga