Jumat, 19 September 2014

Italia dukung sepenuh hati kedaulatan Lebanon

Selasa, 31 Juli 2012 14:19 WIB | 2.206 Views
Italia dukung sepenuh hati kedaulatan Lebanon
Komandan Unifil Mayjen Paolo Serra (Italia) usai memimpin serah terima jabatan Komandan Sektor Timur Unifil dari Brigjen Fernando Guitierrez Diaz de Otazu (Spanyol) kepada Brigjen Herrero (Spanyol) meninjau Temporary Observation Post (TmOP) 36 di Area Operasi Kompi Alphard (A) Indobatt, Senin (13/2). Serra didampingi Komandan Satgas Indobatt Konga XXIII-F/UNIFIL Letkol Inf Suharto Sudarsono. (FOTO ANTARA/Perwira Penerangan Satgas Konga XXIII-F/Unifil, Lettu Inf Suwandi)
Beirut, Lebanon (ANTARA News) - Menteri Pertahanan Italia, Laksamana Giampaolo Di Paola, Senin, menegaskan dukungan resmi negaranya kepada Presiden Lebanon, Michel Suleiman, untuk kedaulatan dan keamanan Lebanon di tengah perkembangan di wilayah tersebut.

Selama pertemuan di Istana Kepresidenan Baabda, Di Paola memuji upaya Suleiman menjaga wilayah Lebanon yang aman. Di Paola juga bertemu dengan Panglima Angkatan Darat Lebanon, Jenderal Jean Qahwagi, dan Samir Jisr, yang memimpin komisi pertahanan parlemen dan anggota DPR Lebanon, Abdel-Latif Zein.

Di Paola kemudian mengadakan pembicaraan di Ain al-Tineh dengan Ketua Parlemen Nabih Berri.
Di Paola menjelaskan kepada Suleiman mengenai tujuan utama kunjungannya ke Lebanon, yang adalah untuk meningkatkan kerja sama di tingkat militer.

Sementara itu Suleiman memuji hubungan Lebanon-Italia dan kerja sama bilateral di berbagai tingkatan serta di berbagai bidang.

Dia mengucapkan rasa syukur atas Italia yang telah terus-menerus berdiri di samping Lebanon, khususnya membantu dengan kekuatan UNIFIL untuk menjaga perdamaian di Lebanon selatan. Angkatan Bersenjata menurunkan unsur kekuatan darat, laut, dan udaranya dalam kontingen UNIFIL.

Di antaranya beberapa baterai (kompi) tank Centauro yang memiliki kanon 125 milimeter smoothbore, yang terbukti keampuhannya dalam kontak senjata sesungguhnya di medan tempur.

Di Paola memulai kunjungannya ke Lebanon dengan pembicaraan dalam pertemuan dengan timpalannya dari Lebanon Fayez Ghosn.

Keduanya dibahas perkembangan internal dan regional serta tugas-tugas UNIFIL, di mana Italia memiliki kontingen dalam UNIFIL berkekuatan 1.189 orang.

Selama pertemuannya dengan Ghosn di Departemen Pertahanan di Yarze, timur laut Beirut, Di Paola memuji dwipihak antara tentara Lebanon dan UNIFIL.

(H-AK/A023)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca