Minggu, 26 Oktober 2014

Rupiah menguat 15 poin pada Rabu pagi

| 2.485 Views
id rupiah, nilai tukar rupiah, mata uang rupiah
Rupiah menguat 15 poin pada Rabu pagi
Ilustrasi. (ANTARA/Ismar Patrizki)
Jakarta (ANTARA News) - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Rabu pagi, menguat 15 poin menjadi Rp9.440 dibanding posisi sebelumnya Rp9.455 per dolar AS, seiring optimisme pasar terhadap bank sentral Eropa (ECB) yang akan membendung krisis utangnya.

"Rupiah menguat terhadap dolar AS seiring meningkatnya ekspektasi pasar bahwa ECB akan melakukan sesuatu untuk membendung krisis utang dalam pertemuan kebijakan pada pekan ini," kata analis Monex Investindo Futures, Johanes Ginting.

Ia menambahkan, optimisme akan diaktifkannya kembali program pembelian obligasi untuk membantu menekan biaya pinjaman Spanyol dan Italia, telah kembali merebak setelah janji ECB untuk melakukan apapun guna menyelamatkan Euro.

"Kemungkinan rupiah pada hari ini terdukung setidaknya hingga pengumuman keputusan ECB pada pekan ini. Pasar tengah mencoba mencari petunjuk lebih lanjut menjelang agenda ECB," kata dia.

Analis Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih menambahkan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS relatif stabil seiring dengan pasar yang tengah menunggu keputusan the Fed dan ECB.

Ia mengatakan, investor global menanti keputusan the Fed terhadap kemungkinkan diumumkannya quantitative easing (QE3). Investor juga menunggu hasil pertemuan bank sentral Eropa terhadap kemungkinan turunnya suku bunga dan rencana pembelian obligasi pemerintah di pasar perdana.

"Investor dalam posisi wait and see menunggu dua keputusan tersebut," kata dia.

(KR-ZMF)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga