Boston (ANTARA News) - Seorang pria diserang hiu putih sewaktu berselancar di perairan di lepas pantai Cape Cod, Massachusetts, serangan hiu pertama yang terjadi di negara bagian Amerika Serikat itu dalam 76 tahun.

Lelaki yang diketahui bernama Christopher Myers itu menderita luka parah pada bagian bawah kedua kakinya dan dibawa ke satu rumah sakit di Cape Cod sebelum dipindahkan ke Massachusetts General Hospital di Boston.

Beberapa pejabat di Massachusetts General Hospital mengkonfirmasi Myers dirawat di sana tapi tidak bisa memberi rincian mengenai kondisinya karena harus menjaga kerahasiaan pasien, demikian laporan Reuters.

Seorang ahli biologi di Massachusetts Departement of Fish and Game`s Division of Marine Fisheries, Gregory Skomal, menyatakan bahwa serangan di Ballston Beach di Truro tersebut menunjukkan tanda-tanda penggigitnya hiu bertubuh besar.

Beberapa saksi mata melihat sirip besar di air, keberadaan anjing laut, di daerah itu dan gambaran mengenai luka yang diderita pria tersebut membuatnya lebih mungkin disebabkan oleh ikan hiu putih bertubuh besar, kata Skomal.

Skomal mengatakan perubahan lokasi populasi ikan hiu baru-baru ini, yang membuat ikan hiu berenang lebih dekat ke pantai, membuka kemungkinan Myers diserang oleh ikan hiu.

"Namun, hanya melalui pemeriksaan luka dan kesaksian langsung dari korban lah kami dapat 100 persen mengkonfirmasinya," kata Skomal.

Division of Marine Fisheries menyatakan mereka mengetahui ada sembilan ikan hiu putih bertubuh besar di lepas pantai Cape Cod, dan telah memantau serta memberi tanda pada ikan tersebut sejak 2009.

Para peneliti berteori ikan hiu mungkin tertarik ke perairan Massachusetts karena memburu populasi anjing laut abu-abu yang bertambah dan bermigrasi di lepas pantai itu.

Ballston Beach di Truro, di dekat ujung utara Cape Cod, tetap buka pada Selasa (31/7), tapi pengelola pantai menyatakan akan memasang tanda peringatan serangan ikan hiu dan menyatakan,"Jika ada yang berenang, risiko ditanggung sendiri."

Meskipun terkenal lewat film blockbuster "Jaws" yang berlatar satu pulau khayalan di Massachusetts tahun 1975 namun serangan terakhir ikan hiu putih bertubuh besar di negara bagian tersebut tercatat terjadi tahun 1936.

Dalam kejadian tersebut, Joseph Troy yang berusia 16 tahun meninggal dunia saat menjalani operasi setelah diserang hiu sewaktu sedang berenang di Hollywood Beach di Buzzards Bay.

(C003)