Sabtu, 25 Oktober 2014

19 tewas akibat bom Baghdad

| 1.990 Views
id bom baghdad, bom irak, serangan al qaeda, bom al qaeda, gerilyawan irak, bom irak
19 tewas akibat bom Baghdad
Warga melihat bangkai mobil yang terkena serangan bom di Basra, 420 km selatan Baghdad, Kamis (24/11). Setidaknya sembilan orang dilaporkan tewas dan 40 lainnya terluka akibat tiga ledakan bom yang terjadi Kamis lalu di sebuah pasar di kota minyak selatan Irak, Basra, menurut keterangan kepolisian dan rumah sakit. (REUTERS/Atef Hassan)
... mereka menyandera untuk membebaskan tokoh senior Al Qaeda...
Baghdad (ANTARA News) - Paling tidak 19 tewas akibat dua serangan bom mobil terjadi di bagian tengah Baghdad, sementara pasukan keamanan Irak menghadapi serangan terpisah di dalam satu stasiun polisi terhadap dua pemboman bunuh diri yang berusaha membebaskan tahanan Al Qaeda.

Serangan besar tersebut mempertegas betapa serius perjuangan otoritas Irak menghadapi kelompok perlawanan lebih dari tujuh bulan setelah tentara terakhir AS meninggalkan negeri tersebut.

Sayap Al Qaeda di Irak sudah sangat lemah akibat kehilangan komandan senior mereka dalam perang melawan tentara AS. Namun gerilyawan telah melancarkan setidaknya satu serangan besar dalam satu bulan, sejak penarikan tentara AS pada Desember.

Irak masih dirongrong ketegangan sektarian dan ketidakstabilan politik.

Asap hitam tebal membubung ke udara dari pusat Ibu Kota Irak tersebut, tempat bom mobil meledak berselang beberapa menit, sehingga korban tewas dan cedera tergeletak di jalan atau berada di dalam satu minibus yang sudah rusak, kata beberapa saksi mata dan polisi.

Saat pasukan keamanan mulai membantu para korban, dua pembom bunuh diri dengan berpakaian perwira polisi memasuki satu kantor polisi yang berdekatan, tempat tahanan Al Qaida berada. Mereka berusaha membebaskan anggota Al Qaeda tersebut, kata dua sumber keamanan.

Tidak jelas berapa orang telah tewas atau cedera dalam serangan itu, tapi kedua pembom telah tewas, kata seorang pejabat keamanan sebagaimana dilaporkan Reuters, Rabu.

"Tujuan mereka menyandera untuk membebaskan tokoh senior Al Qaeda yang ditahan," kata satu sumber senior keamanan. "Kebanyakan petugas pergi ke lantai atas untuk menghadapi mereka. Itu sebabnya mengapa aksi mereka gagal."

Serangan tersebut dilancarkan bersamaan dengan lonjakan kerusuhan di Irak dan terjadi saat pertumpahan darah di Suriah juga meningkat.

(C003/A011)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga