Jumat, 31 Oktober 2014

Diskusi soal Rohingnya di kedubes Myanmar ditunda

| 3.758 Views
id muslim rohingya, rizal ramli, aliansi rakyat untuk perubahan
Diskusi soal Rohingnya di kedubes Myanmar ditunda
Ketua Umum Aliansi Rakyat untuk Perubahan, Rizal Ramli (FOTO ANTARA)
Pertemuan itu ditunda hingga waktu yang tidak ditentukan
Jakarta (ANTARA News) - Aliansi Rakyat Untuk Perubahan (ARUP) batal melakukan diskusi dengan pihak kedutaan besar Myanmar mengenai masalah etnis Rohingnya. Pelaksanaan diskusi ini ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Sebelumnya ketua umum Aliansi Rakyat Untuk Perubahan Rizal Ramli berencana untuk menemui duta besar Myanmar untuk Indonesia Min Lwin yang akan dilakukan di kedutaan besar Myanmar di Jakarta, Rabu pada pukul 10.00 WIB.

Juru bicara aliansi tersebut, Edy Mulyadi menyatakan bahwa pembatalan tersebut dikarenakan belum adanya kecocokan jadwal dari kedua belah pihak, sehingga diputuskan untuk di tunda dulu.

Rizal Ramli akan menemui Dubes Myanmar untuk Indonesia guna meminta penjelasan komprehensif dan pertanggungjawaban atas pembantaian etnis muslim Rohingya di Myanmar.

Rizal Ramli juga akan mendesak Pemerintah Myanmar segera menghentikan pembantaian tersebut.

"Pertemuan itu ditunda hingga waktu yang tidak ditentukan," ujarnya.

Baru-baru ini dilaporkan bahwa adanya pembantaian etnis muslim Rohingya di Myanmar yang dilakukan oleh tentara Myanmar.

Berdasarkan laporan terakhir menyebutkan sebanyak 650 dari satu juta Muslim Rohingya tewas selama bentrokan yang terjadi di wilayah barat Rakhine, dan 1.200 lainnya hilang dan 90.000 lebih telantar.

Selama ini, pihak pemerintah Myanmar tidak pernah mengakui keberadaan Muslim Rohingya dan menyebut mereka sebagai imigran ilegal meski mereka telah tinggal di negara itu selama beberapa generasi.
(A050/Y008)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga