Jakarta (ANTARA News) - Pelantun lagu "You Give Me Something", James Morrison, akan memeriahkan perhelatan LA Lights Java Soulnation Festival 2012 yang digelar pada 28, 29, dan 30 September mendatang di Istora Senayan.

Acara tahunan yang memasuki tahun kelima itu juga akan menampilkan sederet artis internasional lainnya seperti Robin Thicke, Hercules & Love Affair, Valerius, boyband lama yang pernah digandrungi di seluruh dunia, Color Me Badd, Jay Sean, dan musisi Inggris keturunan India Kamajit Singh Jhooti.

"Nanti akan ada artis besar lagi yang masih kejutan, belum bisa dirilis," kata President Director Java Festival Production, Dewi Gontha, saat jumpa pers di The Sultan Hotel, Jakarta, Rabu.

"Artis-artis yang masih masuk wish-list belum bisa dikasih tahu. Clue-nya artis muda yang akhir-akhir ini sedang tenar dan beberapa legenda hiphop," tambah Program Director Java Festival Production, Paul Dankmeyer.

Pertunjukan akan dimulai pukul 15.00 itu pada  lima panggung yang tersebar di arena, yakni satu panggung utama dan empat panggung outdoor.

Seperti dijelaskan Program Coordintor Java Festival Production, Eki Puradiredja, ada 17 show (5 show artis luar dan 12 artis Indonesia) pada hari pertama, 19 show (5 show artis luar dan 14 artis Indonesia) di hari kedua, dan 17 show (5 show artis luar negeri dan 12 artis Indonesia) di hari terakhir.

"Semua artis yang tampil akan membuat kejutan karena mereka ditantang untuk menyiapkan konsep yang berbeda," kata Eki.

Ia menambahkan akan ada kolaborasi artis indie dan artis senior Indonesia dengan membawakan lagu baru khusus untuk acara ini. "Mereka akan tampil di panggung utama sebelum penampilan artis utama," ujar Eki.

Selain artis internasional, artis dalam negeri juga manggung di perhelatan ini seperti Sandy Sondoro, Raisa, Project 9 (kolaborasi RAN dan Soulvibe), Bubugiri, Bottlesmoker, Stereocase, Tulus, Backalley, Bayu Risa, Easy Tiger, 'Dis & That', Rafi and the Beat Experience, dan talenta Indonesia yang merupakan juara Norwegia Idol, Wisnu.

"Masih ada nama lain yang akan menyusul," katanya.

(M047)