Selasa, 29 Juli 2014

12 Majelis Agama Buddha tetap dukung Hartarti

Rabu, 1 Agustus 2012 22:19 WIB | 2.241 Views
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 12 Majelis Agama Buddha yang bernaung di bawah Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) menyatakan tetap mendukung Hartati Murdaya sebagai Ketua Umum Walubi dan tidak pernah meminta mundur.

"Yang mengeluarkan pernyataan agar ibu Hartati mundur, bukan dari Walubi. Kami 12 majelis yang tergabung di dalam Walubi tetap solid mendukung beliau sebagai Ketua Umum," kata Wakil Sekjen DPP Walubi, Gatot Sukarno Hadi, di Jakarta, Rabu, saat membacakan keterangan tertulis Walubi yang ditandatangani pimpinan 12 Majelis Agama Buddha Indonesia.

Pernyataan ini dikeluarkan menyusul adanya sekelompok orang yang mengatasnamakan umat Buddha dan meminta Hartati Murdaya mundur setelah disebut-sebut terkait dengan kasus Buol. Pada Senin (30/7) sekelompok orang yang mengatasnamaan umat Buddha Indonesia melakukan aksi di depan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), bersamaan dengan jadwal kesaksian Hartati Murdaya di depan penyidik kasus Buol. Mereka meminta Hartati mundur dari jabatan sebagai Ketua Umum Walubi.

Siaran pers Walubi menyebutkan, Walubi adalah sebuah organisasi keagamaan Buddha Indonesia yang menjadi wadah berkumpulnya 12 Majelis Agama Buddha Indonesia. "Kami 12 majelis Agama Buddha yang tergabung di dalam Walubi menyatakan bahwa organisasi Walubi saat ini tetap berada dalam keadaan yang solid mendukung Hartati," kata Gatot.

Walubi mengimbau seluruh Umat Buddha di Tanah Air yang tergabung di dalam Walubi agar tidak mudah terprovokasi oleh pernyataan-pernyataan yang bersumber dari pihak di luar Walubi.

Gatot mengatakan Hartati Murdaya adalah seorang praktisi Bodhisatvayana yang telah giat melaksanakan pengendalian diri dan melakukan banyak kebajikan melalui bakti sosial di berbagai daerah.

Sebagai Ketua Umum Walubi, Hartati telah banyak mengabdi dan membimbing banyak organisasi Buddhis dan umat Buddha untuk saling menghormati, tumbuh berkembang dan non-intervensi antarsekte serta majelis agama Buddha Indonesia.

Menurut Gatot, selama 14 tahun organisasi Walubi yang terdiri atas 12 majelis dan lembaga keagamaan Buddha Indonesia di bawah kepemimpinan Hartati Murdaya, semua menjadi rukun, kompak, dan dapat bersinergi satu sama lainnya dalam melaksanakan darma agama dan darga negara.

"Kearifan dan kebajikan Hartati pun bukan hanya dirasakan dan dikagumi umat Buddha Indonesia, melainkan juga dikagumi oleh para tokoh dan umat Buddha Internasional," katanya.
(ANT)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga