Kamis, 18 September 2014

Empat PTN Indonesia terpopuler versi Webometrics

Rabu, 1 Agustus 2012 22:51 WIB | 6.810 Views
Empat PTN Indonesia terpopuler versi Webometrics
ilustrasi Universitas Indonesia, Depok, Jabar. (ANTARA/Andika Wahyu)
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak empat perguruan tinggi negeri (PTN) Indonesia masuk dalam Top Ten 100 kampus terpopuler di Asia, versi pemeringkat Webometrics periode Juli 2012.

Seperti dikutip dari situs webometrics.info di Jakarta, Rabu, empat universitas yang populer di dunia internet tersebut yaitu Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia UI), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Surabaya (ITS) yang berturut-turut menempati peringkat ke-50, 79, 92 dan 96.

Adapun lima besar Asia ditempati oleh University of Tokyo, National Taiwan University, Kyoto University, National University of Singapore, dan Tsinghua University.

Webometrics melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 20.000 perguruan tinggi di dunia, 361 di antaranya perguruan tinggi asal Indonesia.

Lembaga pemeringkat yang berbasis di Spanyol ini, menetapkan empat parameter peringkat yaitu "presence" yang menggambarkan volume konten global masing-masing perguruan tinggi yang terindeks Google.

"Impact" yaitu kualitas konten yang diukur dengan tautan eksternal dari pihak ketiga dengan data visibilitynya menggunakan dua mesin pencari yaitu Majestic SEO dan Ahrefs.

Selanjutnya "opennes" yaitu yaitu jumlah rich file (pdf, doc, docs, dan ppt) yang terindeks di google scholar, serta "excellence" yaitu karya akademik yang dipublikasikan di jurnal international yang tergolong high-impact dengan sumber datanya diambil dari Scimago.

Khusus di Indonesia, peringkat 10 besar kampus terpopuler masih didominasi perguruan tinggi negeri kecuali Universitas Gunadarma menjadi PTS satu-satunya yang bercokol pada urutan ke 6.

Berikut peringkat sepuluh besar nasional yaitu UGM, UI, ITB, ITS, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Gunadarma, IPB, Universitas Brawijaya, UNS, dan Undip.

Meskipun demikian, tidak satupun perguruan tinggi asal Indonesia yang masuk dalam peringkat 100 terpopuler di dunia.

Adapun peringkat papan atas dunia masih didominasi oleh perguruan tinggi dari Amerika Serikat, yaitu menempatkan 18 kampus pada dua puluh besar dunia, yaitu Harvard University, Massachusetts Institute of Technology, Stanford University, University of California Berkeley, Cornell University.

Selanjutnya, University of Minnesota, University of Pennsylvania, University of Wisconsin Madison, University of Illinois Urbana Champaign, Michigan State University.
(ANT)

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga