London (ANTARA News) - Lifter China Lu Xiaojun diuntungkan cedera yang diderita rekan senegaranya Lu Haojie untuk meraih emas dan mencetak rekor baru Olimpiade dan rekor dunia pada final angkat berat kelas 77kg pria, Rabu malam (Kamis dinihari WIB).

Pertarungan untuk emas dan perak awalnya mendebarkan ketika keduanya mampu mengangkat barbel 170kg, sebelum Lu Haojie gagal mengangkat 175kg dan membiarkan Lu Xiaojun sukses memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri dan rekor Olimpiade.

Lu Xiaojun kemudian mengangkat barbel 204kg di atas kepalanya pada angkatan clean and jerk dan menghasilkan total angkatan yang menakjubkan 379kg, mengalahkan rekor dunia sebelumnya atas namanya sendiri dan mengungguli rekor Olimpiade Taner Sagir.

Lu Haojie mulanya sukses membuat angkatan clean and jerk 190kg, sebelum akhirnya gagal pada dua angkatan berikutnya karena cedera lengan.

Lu Haojie terpaksa menyerahkan peluang emas kepada Xiaojun dan hanya meraih perak dengan total angkatan 360kg.

Ivan Cambar Rodriguez mendapatkan perunggu setelah bersaing ketat dengan Chatuphum Chinnawong asal Thailand dan Ibrahim Ramadan Ibrahim asal Mesir, demikian menurut laporan di laman resmi Olimpiade London 2012.

(*)