Kamis, 23 Oktober 2014

Belanja iklan "mobile" global naik 62 persen

| 2.050 Views
id iklan online
Belanja iklan
Ilustrasi Belanja Online (Istimewa)
Mobile adalah menarik, kategori yang meningkat cepat, tetapi masih potongan kue iklan yang sangat kecil dari keseluruhan."
Washington (ANTARA News) - Belanja iklan "mobile online" diperkirakan meningkat 62 persen di seluruh dunia pada 2012.  Amerika Serikat mengambil alih Jepang sebagai pasar utama.

Menurut perusahaan riset eMarketer, belanja iklan mobile akan mencapai 6,43 miliar dolar AS pada 2012, didorong oleh pertumbuhan 97 persen di Amerika Serikat, yang akan menyumbang sekitar 2,3 miliar dolar AS dari total.

Jepang merupakan pasar terbesar untuk iklan mobile sampai sekarang.

"Iklan mobile lebih matang di Jepang, yang berarti pertumbuhannya jauh lebih rendah daripada di pasar Amerika Utara," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

"Perkiraan eMarketer, pengeluaran iklan pada internet mobile di Jepang akan tumbuh 27,2 persen menjadi 1,74 miliar dolar pada 2012, dibandingkan pertumbuhan 35,4 persen pada 2011."

Mobile adalah segmen yang tumbuh paling cepat dari iklan internet karena banyak konsumen yang mengakses Web dengan perangkat "mobile smartphone" (perangkat bergerak telepon pintar) atau lainnya.

"Mobile adalah menarik, kategori yang meningkat cepat, tetapi masih potongan kue iklan yang sangat kecil dari keseluruhan," kata eMarketer lalu mengatakan iklan mobile menyumbang kurang dari satu persen dari total belanja iklan tahun lalu di seluruh dunia.

Survei menemukan bahwa Asia-Pasifik adalah wilayah terbesar untuk belanja iklan mobile, dengan 2,56 miliar dolar AS, di depan Amerika Utara pada 2,4 miliar dolar AS dan Eropa Barat sebesar 1,3 miliar dolar AS.

Sebuah survei terpisah oleh eMarketer yang dirilis Rabu, menunjukkan belanja iklan internet secara keseluruhan naik 21 persen pada 2012, diperkirakan akan mencapai 107,3 miliar dolar AS.

Periset itu menemukan internet menyumbang satu dari lima dolar belanja iklan seluruh dunia.

Amerika Serikat tetap menjadi pasar terbesar untuk iklan online, dengan pengeluaran 2012 diperkirakan menjadi 39,5 miliar dolar AS, diikuti oleh Jepang pada 9,6 miliar dolar AS dan China dengan 7,36 miliar dolar AS.

Perusahaan riset mengatakan, China akan mengambil alih posisi Jepang pada 2013 sebagai pasar terbesar kedua untuk semua belanja iklan, dan menjadi nomor dua untuk pasar iklan internet pada 2014.

Lembaga riset itu memproyeksikan total belanja iklan media tumbuh lima persen tahun ini secara global menjadi 505 miliar dolar AS.

Sebuah survei terpisah yang diumumkan pada Juni oleh Biro Periklanan Interaktif menemukan sekitar 5,3 miliar dolar AS dihabiskan untuk iklan digital mobile pada 2011.

(A026)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga