Rabu, 3 September 2014

Deschamps peringatkan pemain Prancis

Kamis, 2 Agustus 2012 09:52 WIB | 2.474 Views
Paris (ANTARA News) - Pelatih baru timnas Prancis Didier Deschamps memperingatkan para pemainnya agar selalu menjaga sikap dan perilaku mereka agar dapat selalu dipilih masuk ke skuat utama Prancis dan karena mereka adalah perwakilan dari tim nasional Prancis.

"Saya sangat ingin semua pemain untuk menjaga sikap dan perilaku mereka," ungkap mantan pelatih Marseille, yang didapuk menggantikan posisi Laurent Blanc sebagai pelatih Prancis setelah Piala Eropa 2012.

"Jika ada yang tidak melakukannya, maka itu akan merugikan mereka sendiri, bukan saya. Dipilih atau tidak itu adalah konsekuensi dari olahraga," tambahnya, dalam sebuah konferensi pers, seperti dikutip dari AFP.

Sebelumnya, pada pekan lalu, pemain tengah Prancis Samir Nasri dikenai larangan bermain dalam tiga pertandingan dari Federasi Sepak Bola Prancis akibat perilaku bengalnya pada Piala Eropa 2012.

Nasri dianggap telah menghina salah satu jurnalis AFP setelah timnya kalah pada perempat final dari juara bertahan, Spanyol.

Pemain lainnya yang juga mendapat larangan bermain adalah Jeremy Menez yang bermain untuk klub Paris Saint Germain. Menez mendapatkan larangan bermain untuk satu kali pertandingan internasional menyusul aksinya yang meludahi kapten Hugo Lloris dan menghina wasit dalam pertandingan perempat final melawan Spanyol.

Ditambah lagi, Ben Harfa , yang bermain untuk Newcastle United dan Yann M'Vila yang bermain untuk Rennes juga telah mendapatkan peringatan.

Menurut Deschamps ia tidak akan mengomentari perihal pemberian sanksi terhadap kedua pemainnya tersebut. Namun sanksi ini jelas membuat Nasri dan Menez tak bisa ikut bertanding pada pertandingan persahabatan melawan Uruguay, 15 Agustus. Nasri bahkan tak bisa bertanding pada dua pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014.

"Peran setiap pelatih adalah membentuk tim. Semakin baik tim tersebut dibentuk, ya semakin bagus," ungkap mantan kapten Prancis pada Piala Dunia 1998 ini.

Dalam konferensi pers tersebut Deschamps juga menambahkan, ia akan berbicara dengan para pemainnya agar saling menghormati, terutama menghormati tim lawan.

"Dari sepanjang perjalanan tim kami, apa yang terjadi pada 2010 dan Piala Eropa 2012, para pemain harus sadar mereka memiliki tanggung jawab di dalam dan di luar lapangan," ungkap Deschamps.

"Ada dua hal penting, yakni gagasan bahwa mereka mewakili Prancis, memakai seragam, dan pada waktu yang sama, semangat juga penting," tambahnya.

"Untuk menjadi pemain internasional Prancis, itu adalah puncaknya, walaupun mereka sudah bermain di klub-klub besar di kompetisi yang besar pula. Saya tak akan menggunakan frasa 'nol toleransi'. Tapi dengan apa yang dudah terjadi, suporter Prancis, hasil pertandingan sama pentingnya dengan perilaku para pemain," kata Deschamps lagi.

"Walaupun mungkin ini bukan hal yang serius bagi para pemain, tapi ini sudah mengganggu orang lain. Setiap orang memang berbeda, tapi para pemain harus menjaga sikap dan perilaku mereka," pungkasnya.
(Feb)


Penerjemah: Febriany Dian Aritya Putri

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga