San Francisco (ANTARA News) - Amazon, Rabu, meluncurkan aplikasi iPad buat layanan video streaming-nya. Ini memungkinkan pemakai iPad menyaksikan serial film dan TV yang mereka sewa atau beli dari Amazon tanpa biaya tambahan.

Aplikasi Amazon Instant Video itu, yang saat ini tak bisa dioperasikan di iPhone, memberi pengguna iPad akses ke video yang telah mereka beli atau sewa dari Instant Video Library di Amazon --yang saat ini meliputi 120.000 video.

Isi yang disewa atau dibeli juga dapat diunduh untuk ditonton di luring (luar jaringan), kata Amazon.

Melalui layanan yang disebut Whispersync, semua video dapat dilanjutkan dari saat pengguna mematikannya sewaktu mereka beralih dari iPad ke perangkat lain seperti tablet Kindle Fire, konsol video game PS3, komputer atau pemain TV/blue-ray yang terhubung dengan Internet.

Bagi pendaftar layanan Amazon Prime, isi gratis yang ditawarkan penyedia layanan itu juga dapat dilihat di iPad tanpa biaya tambahan, kata Amazon sebagaimana dilaporkan Xinhua, Kamis.

Amazon Prime berharga 79 dolar AS setahun, dan memberi pengguna pengiriman gratis dua-hari jika mereka berbelanja di amazon.com dan sebanyak 18.000 video buat instant streaming cuma-cuma, katanya.

Aplikasi baru tersebut juga mendukung TV Season Pass di Amazon. Melalui layanan itu, satu episode dan season serial TV yang dibeli pengguna secara otomatis akan tersedia di iPad mereka sehari setelah acara tersebut ditayangkan di TV.

(C003/A011)