Kamis, 23 Oktober 2014

Angin topan melanda sebagian wilayah Taiwan

| 3.667 Views
id angin topan, topan soala, topan di taiwan
Taipei (ANTARA News) - Hujan deras dan angin kencang memicu tanah longsor dan banjir, mengganggu transportasi dan memaksa pasar-pasar keuangan menutup kegiatan setelah Topan Saola melalui wilayah timur Taiwan pada Kamis.

Kantor berita Reuters mengutip keterangan Badan Kebakaran Nasional Taiwan yang menyebutkan bahwa satu orang tewas dalam tanah longsor di wilayah tengah kota Chiayi dan delapan orang lainnya terluka, sebagian karena jatuh dari sepeda motor.

Selain itu juga ada seorang polisi meninggal karena serangan jantung.

Pihak berwenang di Taiwan sudah meminta bidang-bidang usaha dan sekolah tutup. Pasar-pasar keuangan juga menutup kegiatan dan akan melanjutkan operasi normal pada Jumat. Namun ada beberapa perusahaan besar yang tetap melakukan kegiatan.

Sebagian besar penerbangan domestik juga dibatalkan, juga beberapa pelayanan penerbangan internasional. Layanan kereta api juga dihentikan pada saat topan juga mencapai wilayah pegunungan di pantai timur Taiwan yang tak banyak dihuni penduduk.

Tiga dari eksportir teknologi tertinggi Taiwan, produsen chip TSMC dan Nanya Tech serta pembuat panel LCD AU Optronics, menyatakan tidak ada fasilitas mereka yang terkena dampak dan kegiatan telah berjalan seperti biasa.

Saat ini Saola masih berada pada skala topan kategori dua pada skala lima dan diperkirakan melemah menjadi kategori satu dalam 12 jam setelah melintasi Taiwan dan menuju ke tenggara China, kata Badan Meteorologi.

Badan Meteorologi China mengeluarkan peringatan topan pada Kamis bagi penduduk bagian selatan dan timur provinsi Fujian dan Jiangsu.

(H-AK)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga