Sabtu, 25 Oktober 2014

Oposisi Suriah punya barisan tank di Aleppo

| 7.881 Views
id oposisi suriah, senjata oposisi, tank oposisi, bashar al-asaad
Oposisi Suriah punya barisan tank di Aleppo
Seorang anggota Tentara Pembebasan Suriah beristirahat di Distrik al Sukkari, Aleppo, Suriah, Minggu (29/7). (REUTERS/Zohra Bensemra)
... pejuang oposisi Suriah di kota Aleppo yang terkepung ternyata memiliki barisan tank dan persenjataan berat...
Markas PBB, New York (ANTARA News) - "Para pejuang oposisi Suriah di kota Aleppo yang terkepung ternyata memiliki barisan tank dan persenjataan berat," kata Juru Bicara PBB, Martin Nesirsky, Rabu.

Oleh karena itu menurut Nesirky, dunia internasional juga harus memberikan tekanan yang sama kepada oposisi Suriah sebagaimana yang diberikan pada Presiden Bashar al-Assad, untuk menghentikan pertempuran.

"Para pemantau PBB telah mengonfirmasikan informasi, oposisi Suriah memiliki persenjataan berat termasuk tank-tank di Aleppo," kata Nesirky, kepada wartawan, di Markas PBB. Dia tidak merinci jenis dan tipe barisan tank oposisi Suriah bekas milik pasukan pemerintah negara itu. 

Para pemantau Misi Pemantauan PBB di Suriah (UNSMIS) berkunjung ke kota di bagian utara itu pada Selasa. Aleppo telah dikepung tentara Assad selama lebih dari satu pekan. UNSMIS juga telah melaporkan melihat jet tempur menyerang kota itu.

"PBB telah mengingatkan kedua pihak atas kewajiban mereka berdasarkan hukum kemanusiaan internasional untuk melindungi rakyat sipil," kata Nesirky. Banyak pihak dapat sepakat bahwa Suriah tinggal sedikit lagi menuju perang saudara jika keadaan tidak stabil ini tetap demikian. 

Lebih dari 200.000 rakyat Suriah telah meninggalkan Aleppo, menurut PBB. Namun menurut Nesirky banyak dari penduduk Aleppo yang masih terjebak dan berlindung di gedung-gedung sekolah dan bangunan publik lainnya.

(G003/M014)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga