Jumat, 31 Oktober 2014

Menkominfo: Internet lokal setara Korea Selatan jika wimax, 3G lancar 2013

| 10.102 Views
id wimax dan 3g, telkomsel, indosat, xl, axis, hutchinson cp telecom, pita lebar
Menkominfo: Internet lokal setara Korea Selatan jika wimax, 3G lancar 2013
Menkominfo Tifatul Sembiring (FOTO ANTARA/Andika Wahyu)
Jika wimax dan 3G jalan 2013, koneksi Internet di kota-kota besar akan setara dengan di Seoul."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring yakin koneksi Internet di kota-kota besar di Indonesia bisa setara dengan Korea Selatan jika teknologi "wimax" dan 3G berjalan lancar mulai 2013 nanti.

"Jika wimax dan 3G jalan 2013, koneksi Internet di kota-kota besar akan setara dengan di Seoul," kata Tifatul di Jakarta, Kamis malam.

Ia mengatakan dengan adanya koneksi yang cepat, sinyal akan terus stabil di 3G tanpa harus berubah ke EDGE atau GPRS.

Mengenai perencanaan alokasi frekuensi 3G, Tifatul mengatakan maksimal ada lima pemain dan minimal dua pemain.

Kelima operator yaitu Telkomsel, Indosat, XL, Axis dan Hutchison CP Telecom (HCPT). Mereka menggunakan sebanyak 50 MHz dari total 60 MHz yang tersedia di pita (bandwidth) 2,1 GHz sejak 2006 hingga 2011.

Wimax atau "Worldwide Inteoperability for Microwave Access" merupakan teknologi nirkabel berbasis Internet Protocol (IP) yang mampu menyediakan kinerja yang setara dengan 802.11/koneksi WiFi dengan kualitas dan cakupan koneksi selular.

Wimax ditujukan sebagai jaringan di area metropolitan yang menyediakan akses Internet nirkabel hingga 50 kilometer. Sedangkan koneksi WiFi biasa hanya terbatas dari 30-100 meter.

Teknologi wimax telah diadopsi oleh beberapa negara seperti Korea Selatan dan Jepang. Pasar Internet nirkabel yang besar membuat kedua negara itu bahkan menetapkan pita frekuensi 4,9 GHz sebagai frekuensi kerja wimax. (SDP-44/A039)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga