Rabu, 17 September 2014

IMF: tindakan lebih lanjut ECB akan "kurangi ketegangan"

Jumat, 3 Agustus 2012 06:43 WIB | 2.282 Views
IMF: tindakan lebih lanjut ECB akan
IMF (REUTERS)
Washington (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional, Kamis, mendesak Bank Sentral Eropa untuk memberikan dukungan lebih bagi ekonomi benua yang kesulitan ini, setelah bos ECB Mario Draghi menghapus harapan tindakan segera.

Dalam sebuah pernyataan yang luar biasa terus terang, Dana Moneter Internasional (IMF) mengaku kebijakan moneter bukan obat mujarab, namun menegaskan "pelonggaran moneter lebih lanjut dan dukungan yang tidak konvensional akan mengurangi ketegangan karena kebijakan lainnya yang diterapkan mulai berpengaruh," lapor AFP.

Pasar dan euro merosot pada Kamis, setelah Draghi hanya memberikan isyarat samar bahwa bank "mungkin" melanjutkan pembelian obligasi.

Pembelian obligasi skala besar akan menekan biaya pinjaman dari negara-negara seperti Spanyol dan Italia yang kesulitan di bawah beban utang besar.

Seorang juru bicara IMF yang tidak disebutkan namanya mengatakan, dana menyambut keinginan ECB untuk melaksanakan langkah-langkah kebijakan yang diperlukan dan kesepakatan untuk perlunya jaring pengaman yang dirancang untuk mencegah "default" (gagal bayar).

"Seperti kami juga menekankan, kebijakan moneter saja tidak dapat memecahkan masalah yang dihadapi kawasan euro."

Tetapi IMF juga menerbitkan yang terbaru dalam serangkaian permohonan untuk tindakan lebih lanjut.

IMF baru-baru ini memangkas proyeksi untuk pertumbuhan global, memperingatkan pembuat kebijakan Eropa, mereka harus berbuat lebih banyak karena memperkirakan zona euro akan mengalami kontraksi 0,3 persen tahun ini. (A026)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga