Sabtu, 1 November 2014

Menkeu tegaskan kepemilikan Inalum harus kembali ke pemerintah

| 2.764 Views
id menkeu agus martowadojo, pt inalum, pt indonesia asahan aluminium
Menkeu tegaskan kepemilikan Inalum harus kembali ke pemerintah
Agus Martowardojo (FOTO ANTARA/Dhoni Setiawaned)
Indonesia merugi selama 22 tahun karena kerjasama tersebut
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menegaskan bahwa kepemilikan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) harus kembali ke pemerintah setelah masa kontrak kerjasama dengan Jepang berakhir Oktober tahun depan.

"Jepang (Nippon Asahan Aluminium) sudah tidak dapat memperpanjang kontrak kerjasama lagi, lagipula Indonesia merugi selama 22 tahun karena kerjasama tersebut," katanya di Jakarta, Jumat.

Ia menambahkan bahwa meskipun kementerian yang dia pimpin menghendaki kepemilikan Inalum kembali ke negara, pemerintah masih mempertimbangkan berbagai kemungkinan selain dari usulan Kementerian Keuangan.

"Kalau rekomendasi Kementerian Keuangan jelas, Inalum harus kembali ke pemerintah agar lebih menguntungkan bagi Indonesia, sementara posisi pemerintah masih berada dalam taraf diskusi," katanya.

Pemerintah dalam keterangan Menkeu saat ini sedang mengkaji laporan tim negosiator perwakilan Indonesia yang berbicara dengan Jepang.

Menkeu tidak mau berspekulasi mengenai kemungkinan apakah Inalum setelah kembali ke pemerintah akan dijual kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau perusahaan swasta baik asing ataupun lokal.

"Yang utama adalah kembali dulu ke pemerintah secara penuh, soal apakah akan diberikan opsi kepada BUMN ataupun non-BUMN itu nomor dua," kata dia.

Sebelumnya, ia mengatakan kontrak kerjasama dengan Jepang untuk Inalum telah merugikan negara selama 22 tahun. Agus tidak menyebut jumlah kerugian tersebut.

Menteri Keuangan juga mengatakan bawah saham Inalum akan dibeli dengan dana sebesar Rp7 triliun yang sampai saat ini belum masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2012.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga