Kamis, 23 Oktober 2014

Susu kedelai tidak baik untuk kesehatan gigi

| 3.208 Views
id susu kedelai, kesehatan gigi, kesehatan gusi dan mulut
Jakarta (ANTARA News) -Susu kedelai yang kaya akan kalsium ternyata memiliki dampak negatif terhadap kesehatan gigi.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa saat seseorang meminum susu kedelai, maka produksi bakteri yang terdapat di dalam mulut meningkat lima sampai enam kali dibandingkan saat seseorang meminum susu sapi biasa.

Kadar asam yang terdapat di dalam mulut, diduga berkontribusi dalam pembentukan plak gigi yang mengubah warna gigi dan menyebabkan karang pada gigi.

Profesor mikrobiologi dan imunologi dari University of Rochester's Center for Oral Biology, William Bowen, mengatakan bahwa risiko tinggi munculnya karang gigi tergantung pada seberapa sering seseorang mengkonsumsi susu kedelai.

Bowen yang tidak tergabung dalam penelitian tersebut menyatakan bahwa meminum satu gelas susu kedelai tidak akan mempengaruhi kesehatan gigi. Namun membiarkan balita meminum susu kedelai setiap harinya, melalui botol susu, dapat meningkatkan risiko tersebut.

Ilmuwan dari University of Melbourne's Dental School, Eric Reynolds, melakukan penelitian pada empat merek susu kedelai produksi Australia dan dua merek susu sapi biasa. Keenam susu tersebut dicampurkan dengan bakteri Streptococcus yang dapat ditemukan pada mulut manusia.

Hasilnya, mereka membuktikan bahwa setelah dicampur dengan bakteri tersebut, susu kedelai mengandung asam yang lebih dibandingkan dengan susu sapi.

Namun Bowen menyayangkan, karena para ilmuwan Australia ini tidak mengikutsertakan air liur ke dalam eksperimen mereka, yang hasilnya dapat menimbulkan efek untuk melawan tingginya produksi asam karena susu kedelai.

(M048)




Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga