Sabtu, 1 November 2014

Bank Mandiri kembangkan kewirausahaan sosial

| 2.575 Views
id bank mandiri, kewirausahaan sosial, kesejahteraan masyarakat
Kewirausahaan sosial dapat menjadi sarana yang efektif untuk mengakselerasi peningkatan kesejahteraan masyarakat."
Makassar (ANTARA News) - PT Bank Mandiri mengembangkan kewirausahaan sosial yakni Mandiri Bersama Mandiri (MBM) Challenge untuk mendorong pengembangan usaha di kalangan generasi muda.

"MBM Challenge yang kami hadirkan ini merupakan kompetisi yang digelar untuk menggiatkan kewirausahaan berbasis komunitas," ujar Kepala Kanwil X Bank Mandiri Makassar Edhi Chrystanto di Makassar, Jumat.

Ia mengatakan, "road show" yang dikemas dalam bentuk seminar ini menghadirkan Silverius Oscar Unggul dari Telapak Foundation yang turut berbagi pengalaman terkait kiat-kiat membangun dan mengembangkan bisnis berbasis masyarakat dan berkelanjutan.

Bukan cuma itu, seiring dengan kegiatan tersebut, Bank Mandiri juga menggandeng komunitas wirausaha sosial untuk melakukan "road show" ke beberapa wilayah seperti Makassar, Banjarmasin, Mataram, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta.

"Kewirausahaan sosial dapat menjadi sarana yang efektif untuk mengakselerasi peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Karena konsep ini, lanjutnya, memiliki tujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan sosial dengan menggunakan pendekatan kewirausahaan sehingga mampu menumbuhkan kemandirian bagi masyarakat yang dapat memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Ia mengatakan, kompetisi yang dimulai untuk periode Juli-Oktober 2012 ini terdiri atas dua kelompok penilaian.

Untuk kelompok "start up", kata dia, diperuntukkan peserta pemula yang memiliki konsep kewirausahaan sosial dan ingin mengakselerasikan dalam jangka waktu satu tahun setelah kompetisi, serta "social enterprise" yang sudah berjalan maksimal satu tahun.

Sementara kelompok "semi established" diperuntukkan bagi peserta yang sudah menjalankan kewirausahaan sosial dalam jangka waktu minimal dua tahun.

"Kompetisi ini dibagi dalam empat kategori wirausaha, yakni pertanian, kelautan, industri kreatif, serta pariwisata," ujarnya.

Para peserta kompetisi MBM Challenge akan mendapat pembelajaran dalam membangun dan mengembangkan bisnis sosial.

Peserta juga dapat memperluas jaringan dengan pelaku praktisi, akademisi, serta perusahaan yang memiliki keinginan untuk mengembangkan kewirausahaan.

Selain uang tunai, pemenang kompetisi ini akan mendapatkan "project capital" untuk merealisasikan ide bisnis sosial dan dana pengembangan totalnya Rp2,2 miliar.  (MH/E005)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga