Kamis, 2 Oktober 2014

S & P turunkan peringkat anggota Slovenia

Sabtu, 4 Agustus 2012 20:12 WIB | 2.703 Views
Ljubljana (ANTARA News) - Standard & Poor`s pada Jumat mengikuti Moody`s menurunkan peringkat anggota zona euro Slovenia, karena kekhawatiran tentang kemampuan pemerintah untuk membantu bank-bank yang kesulitan dan memperbaiki keuangan publik.

Lembaga pemeringkat kredit AS itu menurunkan peringkat utang negara jangka panjang Slovenia menjadi `A` dari `A+`. Pada saat yang sama, menegaskan peringkat utang negara jangka pendek Slovenia di `A-1`. Prospeknya tetap negatif.

Langkah tersebut "mencerminkan pendapat kami bahwa meningkatnya polarisasi politik dan tidak adanya konsensus di antara partai koalisi pemerintah, telah merusak kredibilitas respon kebijakan pemerintah terhadap meningkatnya tekanan pada sistem perbankan, keuangan publik, dan ekonomi yang lebih luas," kata S&P.

Moody`s pada Kamis menurunkan peringkat obligasi pemerintah Slovenia menjadi Baa2 dari A2, mempertahankan prospek negatif bagi bekas republik Yugoslavia berpenduduk dua juta orang itu.

Penurunan peringkat memperlemah kepercayaan di Slovenia, mendorong acuan biaya pinjaman 10-tahun di atas garis bahaya tujuh persen, tingkat yang dilihat sebagai tidak berkelanjutan dalam jangka panjang.

Anggota zona euro lainnya, Yunani, Irlandia dan Portugal membutuhkan dana talangan setelah biaya pinjaman mereka mencapai tingkat yang sama.

Pemerintahan Perdana Menteri Janez Jansa, yang menempati kantornya sejak awal tahun ini, mengatakan "terkejut" oleh langkah Moody`s dan bahwa "pada saat ini (pihaknya) belum perlu meminta bantuan dari luar", demikian AFP melaporkan.

(SYS/A026)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga