Kamis, 2 Oktober 2014

3.900 telur penyu gagal diselundupkan ke Sarawak

Senin, 6 Agustus 2012 00:46 WIB | 4.532 Views
3.900 telur penyu gagal diselundupkan ke Sarawak
Seorang petugas memperlihatkan ribuan telur penyu yang diamankan di Stasiun Pengawasan Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (P2SDKP), Sungai Rengas,Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Minggu (17/4). Tim Pengawas Perikanan dari P2SDKP dan Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Yonif 641/Beruang berhasil mengamankan sebuah truk asal Pemangkat yang hendak menyelundupkan 3405 butir telur penyu ilegal ke Serikin (Malaysia) melalui perbatasan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang. (ANTARA/Jessica Wuysang)
....Tetapi tersangka tetap melanjutkan berjualan di Serikin, Sarawak..."
Pontianak (ANTARA News) - Tim gabungan dari sejumlah instansi mengagalkan upaya penyelundupan 3.900 butir telur penyu dari Kalimantan Barat ke Sarawak, Malaysia Timur.

"Penangkapan dilakukan Sabtu lalu sekitar pukul 1.30 pagi," kata Kepala Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Pontianak, Bambang Nugroho di Pontianak, Minggu malam.

Penangkapan itu dilakukan di depan kantor Kepolisian Sektor Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Pontianak, Resort Konservasi Sumber Daya Alam Jagoi Babang, Pos PSDKP Jagoi Babang, Pos Karantina Ikan Jagoi Babang dan didukung Polsek setempat.

Ribuan telur penyu itu diangkut dengan menggunakan truk KB 8833 CL.

Berdasarkan keterangan petugas, pemilik telur penyu tersebut yakni Syarifah Rusidah yang beralamat di Pemangkat, Kabupaten Sambas.

"Barang bukti dibawa ke kantor BKSDA Pontianak. Tetapi tersangka tetap melanjutkan berjualan di Serikin, Sarawak, dan nantinya akan dipanggil ke kantor BKSDA Pontianak untuk diproses lebih lanjut," ujar dia.

Upaya penyelundupan telur penyu ke Sarawak bukan kali ini saja dilakukan pihak tertentu.

PSDKP tahun lalu juga mencatat ada upaya penyelundupan ribuan telur penyu ke negeri jiran tersebut.

Penyu merupakan binatang langka dan kawasan pesisir utara Kalbar salah satu daerah peneluran. Pantai Paloh di Kabupaten Sambas termasuk lokasi penyu bertelur.

Sementara Jagoi Babang merupakan pintu keluar masuk barang dan jasa dengan Sarawak secara tradisional.

Jagoi Babang berjarak hampir 300 kilometer dari Kota Pontianak. (T011/Z002)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga