Rabu, 27 Agustus 2014

Rupiah belum bergerak

Senin, 6 Agustus 2012 10:34 WIB | 3.240 Views
Rupiah belum bergerak
Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih bertahan di posisi Rp9.155 per dolar AS pada Senin pagi. (ANTARA/Fanny Octavianus)
Jakarta (ANTARA News) - Nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar AS dalam transaksi antarbank di Jakarta belum bergerak dari posisi Rp9.155 per dolar AS pada Senin pagi.

Menurut pengamat valuta asing dari Monex Investindo Futures, Johanes Ginting, hal itu terjadi karena meski investor mulai berpandangan lebih positif terhadap rencana Bank Sentral Eropa (ECB) namun pasar pasar kecewa karena pernyataan ECB tak sesuai dengan harapan.

"Kondisi itu, membuat pergerakan nilai tukar berada dalam kisaran yang terbatas," ujarnya.

Namun menurut dia ada sentimen positif yang akan mempengaruhi pergerakan rupiah, termasuk diantaranya pernyataan ECB tentang rencana dalam beberapa minggu mendatang untuk melancarkan pembelian obligasi langsung sebagai upaya menstabilkan gejolak yield di zona euro.

Analis Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih, menambahkan, sinyal positif juga terpancar dari hasil kajian IMF, ECB dan Komisi Uni Eropa tentang Yunani.

"Keputusan final akan menentukan apakah Yunani akan menerima pencairan dana talangan senilai 4,2 miliar euro. Pencairan dana talangan ini akan menyelamatkan Yunani dari gagal bayar obligasi yang jatuh tempo pada 20 Agustus ini," katanya.

"Sebelumnya banyak yang meragukan Yunani berhasil menunjukkan kemajuan, tetapi ekspektasi Yunani keluar dari zona euro masih tetap tinggi," tambah dia.

(KR-ZMF)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga