Selasa, 2 September 2014

IPB segera laksanakan pemilihan rektor

Senin, 6 Agustus 2012 11:33 WIB | 3.393 Views
IPB segera laksanakan pemilihan rektor
Institut Pertanian Bogor (fema.ipb.ac.id)
Jakarta (ANTARA News) - Majelis Wali Amanah IPB menyetujui draft tata cara pemilihan Rektor IPB dan akan mencari pemimpin akademik profesional dengan melibatkan para pemangku kepentingan.

Persetujuan mengenai draft tata cara pemilihan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut dihasilkan melalui sidang paripura MWA IPB pada Jumat ( 3/8), demikian Ketua MWA IPB Prof Dr Muhammad Chozin seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin.

Chozin menambahkan, payung hukum MWA IPB adalah PP 154 Tahun 2000, sedangkan yang menjadi rujukan adalah Ketetapan MWA IPB Nomor 62 Tahun 2007 Tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Rektor IPB.

Pasal yag paling krusial dalam pembahasan pada rapat paripurna Jumat lalu adalah terkait dengan Pasal 11 yaitu tentang Tahap Penetapan Bakal Calon Rektor, ujar Chozin.

Rapat paripurna menyepakati secara umum proses pemilihan rektor dimulai dengan penjaringan Bakal Calon Rektor (BCR) IPB yang i melibatkan sivitas akademika dan tenaga kependidikan IPB.

Selanjutnya, diadakan seleksi administrasi Bakal Calon Rektor IPB dilakukan oleh Panitia Pemilihan Rektor (PPR) IPB. Bakal Calon rektor yang memenuhi syarat administrasi masuk ke tahap penetapan bakal calon rektor.

Tahap pertama dilakukan pemilihan sembilan BCR yang dipilih oleh Senat Akademik dilanjutkan tahap berikutnya penetapan BCR. Tahap II untuk memilih enam BCR yang melibatkan "stakeholders" internal. Tahap ini melibatkan sivitas akademika dan tenaga kependidikan. Penilaian sivitas akademika ini dilakukan dengan cara masing memilih satu orang terbaik secara langsung, bebas, rahasia di unit masing-masing, kata Chozin.

Selanjutnya, keenamnya akan mengikuti seleksi oleh SA untuk menghasilkan tiga calon rektor yang berhak mengikuti pemilihan rektor yang akan diselenggarakan oleh MWA dalam Sidang Paripurna MWA. Pada tahap ini setiap calon menyampaikan gagasan renstra, rumusan program kerja lima tahun, serta target pencapaian dalam upaya mewujudkan visi dan misi IPB.

MWA selanjutnya akan memilih satu calon rektor secara musyawarah. Bilamana musyawarah tak dapat dicapai kesepakatan, maka ditentukan dengan pemilihan melalui suara terbanyak (voting) sebagai rektor terpilih.

Semua proses ini diharapkan selesai pada tahun ini, ujar Chozin seperti dikutip dalam siaran pers tersebut.
(Z003/F002)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga