Sabtu, 25 Oktober 2014

Sebagian penghuni Lapas Kerobokan segera dipindahkan

| 1.964 Views
id lapas kerobokan, daya tampung lapas, penghuni lapas, lembaga pemasyarakatan
Sebagian penghuni Lapas Kerobokan segera dipindahkan
Jumlah penghuni Lapas Kerobokan mencapai 910 orang, sementara daya tampungnya hanya 323 orang. (FOTO ANTARA/Nyoman Budhiana)
Sebagian penghuni Lapas Kerobokan akan dipindahkan, salah satunya ke Lapas Malang
Denpasar (ANTARA News) - Sebagian penghuni Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-A Denpasar di Kerobokan, Kabupaten Badung, segera dipindahkan ke beberapa lembaga pemasyarakatan di luar Pulau Bali secara bertahap.

Pemindahan ini dilakukan karena penghuni di Lapas Kerobokan sudah melebihi daya tampung, kata Sekretaris Direktorat Jendral Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Susi Susilawati, di Denpasar, Senin.

"Sebagian penghuni Lapas Kerobokan akan dipindahkan, salah satunya ke Lapas Malang (Jawa Timur). Namun tentunya harus mendapat persetujuan dari pusat karena prosesnya tidak mudah," katanya di sela meninjau Ruang Tahanan Wijaya Kusuma, Lapas Kerobokan.

Selain proses administrasi, faktor keluarga juga menjadi hal yang diperhatikan sebelum memindahkan narapidana karena hal itu sangat berpengaruh terhadap psikologis mereka, jelasnya.

Ruang khusus tahanan wanita Lapas Kerobokan saat ini dihuni 102 orang, padahal daya tampungnya hanya 54 orang.

Meskipun demikian, dia menilai bahwa kondisi di dalam ruang itu cukup kondusif bagi tahanan dan narapidana perempuan.

Sementara itu, secara keseluruhan jumlah penghuni Lapas Kerobokan sampai saat ini mencapai 910 orang. Seharusnya lapas terbesar di Bali itu hanya mampu menampung 323 orang, sehingga terjadi kelebihan 587 orang.

Dari jumlah tersebut, 250 orang adalah tahanan, dan 660 orang adalah narapidana berbagai kasus.

(ANT-330/M038)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga