Minggu, 21 September 2014

Pemkab Mamuju sosialisasikan besaran zakat fitrah

Senin, 6 Agustus 2012 15:35 WIB | 3.537 Views
Pemkab Mamuju sosialisasikan besaran zakat fitrah
Pemkab Mamuju (grafis)
Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, mulai mensosialisasikan besaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan umat Islam pada Idul Fitri 1433 Hijriah.

Wakil Bupati Mamuju Bustamin Bausat di Mamuju, Minggu, mengatakan, nilai zakat fitrah yang wajib dikeluarkan umat Islam pada Idul Fitri 1433 Hijriah mulai disosialisasikan kepada masyarakat di sejumlah masjid di wilayah kota setempat.

Ia mengajak agar umat Islam menunaikan ibadahnya dengan mengeluarkan zakat sebagai kewajiban yang sudah diatur dalam kitab suci Al Quran.

"Dalam harta kita ada hak orang lain, maka zakat harus dikeluarkan agar kita termasuk orang yang beriman dan bertaqwa. Saya sebagai pemimpin wajib mengingatkan umat Islam untuk mengeluarkan zakat, karena saya juga sebagai pemimpin akan bertanggung jawab atas umat yang saya pimpin atas ibadahnya, termasuk pelaksanaan zakat ini," katanya.

Ia berharap agar umat Islam dapat mengeluarkan zakatnya, karena itu juga akan memberikan kesejahteraan bagi umat Islam lainnya di Mamuju yang masih membutuhkan bantuan.

Menurut dia, besarnya zakat Fitrah berdasarkan surat keputusan Bupati Mamuju Nomor 188.45/354/KPTS/VII/2012 tanggal 20 Juli 2012 ditetapkan sekitar Rp28.000 per jiwa atau senilai empat liter beras.

Penetapan zakat Rp28.000 itu khusus untuk masyarakat yang selama ini mengonsumsi beras cap celebes, mutiara biru, madinah, ayam jago, putri duyung, hidayah, manalagi, bambu, Mawar, Melati, dan 42.

Sedangkan nilai zakat sebesar Rp26.000 per jiwa diwajibkan bagi umat muslim yang mengonsumsi beras biasa seperti cap sayur, sedangkan masyarakat yang mengonsumsi beras jagung nilai zakatnya ditetapkan Rp14.000.

Bagi umat muslim yang mengonsumsi selain beras tersebut dapat disesuaikan harga di pasar setempat. begitu juga khusus di luar kota Mamuju dan sekitarnya disesuaikan dengan harga pasar.

Penetapan besarnya zakat fitrah tahun ini nantinya akan diputuskan melalui rapat gabungan dengan kantor Kementerian Agama, Pengadilan Agama, MUI, Nahdlatul Ulama (NU), dan Muhammadiyah Kabupaten Mamuju.
(MFH/M008)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga