Minggu, 21 Desember 2014

Sepertiga perempuan korban kekerasan

| 2.523 Views
id kekerasan terhadap perempuan, data kekerasan perempuan, Mega Irena, Sri Danti, KDRT
Sepertiga perempuan korban kekerasan
Ilustrasi (ANTARA/Ardika)
....pernah dipukul, dipaksa melakukan hubungan seksual, atau pun mengalami kekerasan secara verbal dan psikis."
Jakarta (ANTARA News) - Satu dari tiga perempuan di dunia pernah mengalami tindak kekerasan yang sebagian besar dilakukan oleh pasangan atau orang terdekatnya, kata Ketua Komite Perempuan ASEAN, Sri Danti.

Hal itu dia katakan saat jumpa pers lokakarya bertajuk 'Penguatan Kapasitas Nasional untuk Pengumpulan Data Statistik tentang Kekerasan terhadap Perempuan di Wilayah ASEAN' yang digelar di Jakarta, Senin.

"Berdasarkan apa yang telah diadukan, mereka pernah dipukul, dipaksa melakukan hubungan seksual, atau pun mengalami kekerasan secara verbal dan psikis," kata Danti.

Dia mengemukakan, di kawasan Asia Pasifik, kekerasan terhadap perempuan yang mengakibatkan kematian tidak dapat terdeteksi jumlahnya, akibat minimnya data statistik mengenai kasus tersebut.

Berdasarkan laporan Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Indonesia (Komnas Perempuan) mencatat bahwa ada 119.107 kasus kekerasan terhadap perempuan yang dilaporkan selama tahun 2011.

Namun, pada kesempatan yang sama, Asisten Direktur dari divisi Kesejahteraan Sosial Perempuan Pekerja dan Pekerja Migran ASEAN, Mega Irena, mengatakan bahwa angka tersebut dianggap bukan merupakan jumlah kasus sebenarnya.

"Data tersebut tidak dapat dijadikan patokan secara umum, karena kasus ini menyerupai leher botol, dimana yang terlihat di atas lebih kecil dan melebar di bawah," kata Mega memberikan analogi.

Mega mengungkapkan, bahwa masih banyak kasus-kasus tindak kekerasan terhadap perempuan yang tidak terlaporkan karena berbagai stigma sosial dan alasan-alasan lainnya.

(M048)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga