Kudus (ANTARA News) - Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, usulkan dana bantuan dari Pemerintah Pusat untuk pembangunan rumah pemotongan hewan (RPH) modern dan higienis kata Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Kudus Budi Santoso.

"Besarnya anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan RPH dengan kapasitas pemotongan hewan yang lebih besar sekitar Rp3 miliar," kata Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Kudus Budi Santoso, di Kudus, Senin.

Usulan tersebut, katanya, sudah mendapatkan respon positif dari Pemerintah Pusat, karena beberapa waktu lalu juga mengirimkan tim ke Kudus.

Apabila usulan tersebut disetujui, katanya, akan disediakan lahan milik pemkab seluas 0,5 hektare yang ada di Desa Prambatan, Kecamatan Kaliwungu, Kudus.

RPH tersebut, diklaim memiliki daya tampung untuk pemotongan hewan ternak seperti sapi hingga 15 ekor serta tempatnya juga dijamin lebih bersih serta higienis.

Nantinya, kata dia, RPH tersebut juga dilengkapi fasilitas kandang hewan ternak serta tempat pemeriksaan kesehatan hewan.

"Jika usulan tersebut disetujui, maka pembangunan RPH bisa dimulai tahun depan," ujarnya.

Setiap jagal di Kudus, katanya, bisa memanfaatkan RPH tersebut, karena dilengkapi dengan kandang hewan ternak serta tempat pemeriksaan hewan.

Sedangkan RPH yang ada saat ini, katanya, hanya memiliki kapasitas pemotongan hewan ternak antara dua hingga tiga ekor hewan ternak.

Dari dua RPH milik pemkab, katanya, hanya satu RPH yang masih aktif, yakni di Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kudus, sedangkan di Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae, Kudus, kurang aktif.

Salah seorang jagal yang juga memiliki RPH sendiri, Ade Sori mengakui, sejak awal meminta pemkab membangun RPH baru yang lebih representatif.

"Dengan adanya RPH baru yang lebih representatif, diharapkan semakin mendukung usaha penjualan daging karena tersedia tempat pemotongan hewan ternak yang lebih bagus dan bersih," ujarnya.
(ANT)