Rabu, 1 Oktober 2014

Harga stabil, kecuali kedelai dan daging

Senin, 6 Agustus 2012 17:54 WIB | 4.009 Views
Harga barang kebutuhan pokok di pasar sekarang ini bagus, sangat terjangkau
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan sejumlah harga bahan pokok di Indonesia memasuki pekan ke tiga bulan Ramadhan relatif stabil, kecuali kedelai dan daging sapi.

"Harga barang kebutuhan pokok di pasar sekarang ini bagus, sangat terjangkau. Tapi tentunya ada beberapa perkecualian seperti kedelai yang tentunya di beberapa pekan terakhir meningkat," kata Gita usai membuka pasar murah di Kementerian Perdagangan RI, Jakarta, Senin.

Menurut Gita, kenaikan harga kedelai diakibatkan pasokan dari negara produsen yang berkurang karena faktor cuaca di negara asal, Amerika Serikat, yang mengganggu produksi pada beberapa waktu terakhir.

Gita menilai sejumlah Kementerian dan Lembaga terkait harus segera mengambil sikap secepat mungkin dalam mencapai swasembada pangan pada 2014.

"Mungkin bisa makan waktu cukup lama, tapi kalau semakin lebih bisa menjaga ketahanan pangan, maka semakin Indonesia bisa jaga stabilitas harga," jelasnya.

Menurut Mendag, ketersediaan bahan kebutuhan pokok terjamin hingga Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriah dengan syarat panen raya berhasil dengan baik, sehingga stabilitas harga juga tidak terganggu.

Untuk harga daging sapi, Gita mengaku ada kenaikan dari sebelumnya Rp70.000 menjadi Rp75.000-Rp80.000 pada pekan ini.

Meski demikian, pasokan daging hingga lebaran tiba akan terpenuhi mengingat pemerintah telah memutuskan impor 7.000 ton sapi.

"Harga daging saya rasa tidak akan terus melonjak karena kami akan terus memantau dan pasokannya sejauh ini masih mencukupi," kata Gita.

Menurut dia, alokasi impor 7.000 ton sapi kepada asosiasi sudah dilakukan namun realisasi pengiriman sapi tersebut masih belum diketahui.

Sebelumnya, beberapa harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan akibat faktor kondisi memasuki bulan Ramadhan 1433 Hijriah dimana permintaan meningkat menyebabkan harga melambung.

Selain itu, penyebab lain kenaikan harga kebutuhan daging seperti daging ayam dan sapi juga ikut melonjak karena adanya pengaruh peningkatan harga pakan ternak impor serta perebutan bibit ayam sebagai persiapan memenuhi permintaan di Hari Lebaran.

Mengenai kenaikan harga daging sapi, selain karena faktor pasokan, penyebab lainnya karena permintaan yang meninggi sampai lebaran tiba, sehingga sejumlah pedagang memanfaatkan keadaan tersebut.


(B019/S004)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga