Rabu, 22 Oktober 2014

Pemerintah mulai antisipasi potensi kemarau panjang

| 3.738 Views
id pemerintah, anitisipasi potensi musim kemarau panjang, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono , rapat koordinasi bidang pangan dan pertanian
Pemerintah mulai antisipasi potensi kemarau panjang
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf)
Setiap tahun selalu ada 'warning' dari BMKG, tetapi pengalaman kita empat tahun terakhir, ternyata masih ada hujannya, kemarau basah. El Nino tidak seperti yang kita bayangkan, namun kita harus siap bila hal itu terjadi,"

Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah mulai mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemarau panjang yang dapat menganggu produksi pangan dan juga ketersediaan pangan bagi masyarakat.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam keterangan pers usai rapat koordinasi bidang pangan dan pertanian di Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin petang, mengatakan, meskipun kadangkala terjadi El Nino, tapi tidak seburuk seperti apa yang diperkirakan.

Pemerintah melalui kementerian terkait tetap menyiapkan sejumlah rencana untuk mengantisipasi dampak buruk dari kondisi iklim tersebut.

"Setiap tahun selalu ada 'warning' dari BMKG, tetapi pengalaman kita empat tahun terakhir, ternyata masih ada hujannya, kemarau basah. El Nino tidak seperti yang kita bayangkan, namun kita harus siap bila hal itu terjadi," kata Presiden.

Sejumlah langkah yang disiapkan pemerintah antara lain di bidang infrastruktur adalah menambah infrastruktur pertanian terkait irigasi, memastikan ketersediaan dan terkelolanya embung atau cekungan penampungan air serta juga pompanisasi di daerah tertentu yang kesulitan air saat musim kemarau panjang.

Dari sisi ketersediaan bahan pangan, pemerintah juga menyiapkan rencana bila terjadi gagal panen sehingga tidak sampai memengaruhi ketersediaan bahan pangan yang dibutuhkan masyarakat.

"Kita mulai pikirkan dari mana menutupnya. kita antisipasi tapi juga bekerja," kata Presiden.

(P008*S025/I007)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga