Sabtu, 2 Agustus 2014

Pemerintah kucurkan dana bantuan guru swasta rp13,7 miliar

Selasa, 7 Agustus 2012 06:54 WIB | 5.376 Views
Bangkalan, 7/8 (ANTARA) - Pemerintah tahun ini mengucurkan dana bantuan sebesar Rp13,7 miliar untuk Penyelenggara Pendidikan Diniyah dan Guru Swasta (BPPDGS) di Bangkalan, Madura.

Menurut Bupati Bangkalan Fuad Amin Imron, Selasa, bantuan itu disengaja diberikan untuk membantu biaya operasi pendidikan lembaga diniyah, dan kelancaran proses belajar mengajar.

"Bantuan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan guru swasta dan guru madrasah diniyah yang ada di Kabupaten Bangkalan ini," kata Fuad Amin.

Ia menjelaskan, secara simbolis, penyerahan bantuan dana kepada para guru dan lembaga pendidikan diniyah di Kabupaten Bangkalan itu telah diserahkan Senin (6/8) malam di pendopo pemkab setempat bersamaan dengan acara peringaran Nuzulul Quran di pendopo Pemkab Bangkalan.

Bantuan diserahkan secara langsung kepada masing-masing lembaga penerima bantuan untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pemotongan dan berbagai bentuk penyimpangan lainnya.

Jumlah lembaga pendidikan yang menerima bantuan kali ini sebanyak 1.406 lembaga, terdiri dari Madrasah Diniyah Ula sebanyak 1.078 lembaga, Wusto sebanyak 89 lembaga, Paket A sebanyak 17 lembaga, paket B sebanyak 21 lembaga, MI sebanyak 36 lembaga, MTs 48 lembaga, SMP sebanyak 92 lembaga dan salafiyah Ula sebanyak 20 lembaga.

Selain lembaga pendidikan, para guru madrasah dan siswa yang belajar di madrasah diniyah juga menerima bantuan dengan jumlah dana berbeda.

Untuk siswa, besaran dana yang diterima antara Rp15.000 hingga Rp25.000 per orang bergantung kepada jenjang pendidikan.

"Untuk siswa Madrasah Diniyah Ula menerima Rp15.000 per orang setiap bulan, sedangkan Madrasah Diniyah Wusto sebesar Rp25.000 per orang setiap bulan," terang Fuad Amin Imron.

Bantuan operasional sekolah untuk lembaga pendidikan swasta dan Madrasah Diniyah ini merupakan program dari pemerintah Provinsi Jatim dengan pola pencairan enam bulan sekali.

Jumlah lembaga pendidikan Islam yang menerima bantuan kali ini lebih banyak dibanding tahun lalu. Sebab, pada tahun 2011, jumlah lembaga yang menerima program bantuan operasional pendidikan hanya 1.398 lembaga se-Kabupaten Bangkalan. Ketika itu dana yang disediakan pemerintah sebesar Rp10,7 miliar.

Pencairan bantuan ini sesuai dengan Peratutan Daerah (Perda) Nomor 03 Tahun 2011 dan petunjuk teknis tentang bantuan dari Pemprov Jatim. (ANT)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Terpopuler