Sabtu, 1 November 2014

Presiden tegaskan subsidi energi akan dikelola baik

| 1.502 Views
id subsidi energi, kebijakan subsidi energi, penghematan subsidi
Presiden tegaskan subsidi energi akan dikelola baik
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.(ANTARA/Widodo S. Jusuf) ()
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan pemerintah akan mengelola subsidi energi secara baik agar tidak menganggu keseimbangan program pembangunan dan meminta semua pihak mendukung kebijakan penghematan subsidi energi.

Saat membuka rapat koordinasi bidang energi di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Selasa, Kepala Negara mengatakan bila biaya subsidi energi terus meningkat maka menganggu pembiayaan pembangunan sektor lainnya sehingga dapat mengakibatkan efek berantai yang justru bisa merugikan masyarakat.

"BBM dimata rakyat yang dilihat adalah harganya, sementara pemerintah selain harga juga berapa besar subsidi yang menopang," kata Presiden.

"Makin besar subsidi bagi BBM dan listrik maka akan mengganggu ruang untuk membangun keperluan lain, maka infrastruktur berkurang, investasi terganggu, pertumbuhan terganggu maka lapangan kerja terganggu dan lainnya," tambahnya.

Pada kesempatan itu dia menjelaskan pula bahwa sektor energi merupakan sektor yang penting karenanya negara harus memiliki kebijakan strategi dan program aksi yang tepat.

"Terlebih sekarang ini dengan meningkat jumlah penduduk dunia mencapai tujuh miliar dan juga penduduk Indonesia maka demand meningkat, sementara supply tidak selalu bisa mengikuti demand, missmatch ini yang kemudian menjadi masalah, bisa sosial dan politik," katanya.

(P008*M041)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga