Minggu, 26 Oktober 2014

Semenya, atlet perempuan yang diduga laki-laki

| 3.531 Views
id caster semenya, olimpiade london 2012, atlet perempuan semenya, kontroversi caster semenya
Itu masa lalu... Saya harus konsentrasi pada masa depan
London (ANTARA News) - Atlet Afrika Selatan, Caster Semenya akan memulai debut olimpiade di nomor lari 800 meter putri pada Rabu.

Terlebih dahulu dia harus melupakan insiden masa lalu lantaran ia tidak dipercaya sebagai seorang perempuan.

Semenya pernah dianggap sebagai seorang laki-laki dua tahun lalu. Pada saat menjadi juara di Berlin 2009, dia harus menjalani tes narkoba diikuti dengan tes jenis kelamin setelah kemenangannya.

Atlet berusia 21 tahun itu pun kemudian dilarang bertanding lari untuk hampir satu tahun lamanya.

Inilah saatnya bagi Semenya kembali berlari meski sempat mengalami cidera punggung dan kurang rasa percaya diri, Olimpiade London 2012 agaknya bisa menjadi lembaran baru bagi Semenya melupakan itu semua.

"Itu masa lalu... Saya harus konsentrasi pada masa depan, saya harus konsentrasi pada lari saya, itu saja," kata Semenya seperti dikutip AFP.

Dia selalu mencoba lebih baik lagi setiap tahunnya setelah kejadian tersebut. Semenya mengaku berusaha untuk lebih rileks atas semua pertanyaan yang kadang sering dilontarkan orang dan menyakitkan hatinya itu.

"Penting untuk mendengarkan sesuatu dan mengabaikan sesuatu... Saya harus bisa berlaku profesional di olimpiade pertama saya yang begitu spesial," kata Semenya.

Pada laga Olimpiade besok, Semenya akan menghadapi juara bertahan olimpiade Pamela Jelimo asal Kenya. Olympic Stadium pasti jadi arena yang luar biasa ramai dengan 80.000 tiket telah habis terjual. (lod)

 
    

Penerjemah: M Baghendra Lodra

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Terpopuler
Baca Juga