Jakarta (ANTARA News) - Produsen komputer jinjing Sony menggandeng pabrikan prosesor AMD untuk menciptakan notebook yang mengunggulkan tampilan grafis, VAIO E11.

"VAIO E11 menggunakan prosesor AMD E2-1800 berkecepatan 1,7 giga hertz yang terintegrasi prosesor grafis AMD Radeon HD 7000," kata Kepala AMD Indonesia, Hermawan Sutanto, di Jakarta, Selasa malam.

Hermawan mengatakan produk kelanjutan dari VAIO YB itu merupakan notebook pertama di Indonesia yang menggunakan seri AMD E2 Accelerated Processing Unit (APU) edisi 2012.

Pemimpin Penjualan VAIO dan Tablet Sony Indonesia, Leo Marathon, mengatakan fitur baru pada VAIO E11 dari seri YB antara lain webcam berpiksel 1,31 megapiksel, berbagai varian kontrol tangan pada panel sentuh, modul 802.11 WiFi, Bluetooth 4.0 dan USB 3.0.

"Pembaruan lain yaitu pada prosesornya. VAIO YB masih menggunakan AMD E-450 sedangkan VAIO E11 memakai AMD E2 sehingga pemrosesan gambar lebih cepat," kata Leo.

Komputer jinjing berlayar 11,6 inci itu mempunyai resolusi gambar layar lebar 1366 x 768 piksel dan sejumlah piranti lunak pemroses gambar terpasang di dalamnya.

"Kami memberikan program Adobe Photoshop Elements 10 versi utuh bukan percobaan, pada semua produk VAIO yang diluncurkan pada semester kedua 2012," kata Leo.

Pemasangan program Adobe Photoshop itu, menurut Leo, dilatarbelakangi kebutuhan penyuntingan gambar oleh pengguna notebook yang cenderung juga mempunyai kamera digital.

Leo menambahkan desain VAIO E11 sengaja menyerupai buku tulis dengan lekukan di sisi belakangnya dan layar yang tidak menutup penuh sisi panel ketik agar pengguna mudah membuka-tutup notebook.

(I026)