Rabu, 17 September 2014

Legislator minta pemerintah pastikan kelancaran mudik

Selasa, 7 Agustus 2012 21:40 WIB | 2.663 Views
Legislator minta pemerintah pastikan kelancaran mudik
Marwan Ja'far (FOTO ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi V DPR RI Marwan Ja'far menyarankan pemerintah agar segera menggelar rapat koordinasi untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan masyarakat saat mudik dan arus balik Idul Fitri tahun 2012/1433 H.

Menurut Marwan yang juga Ketua Fraksi PKB DPR RI itu di Jakarta, Selasa, koordinasi di antara instansi terkait itu semisal untuk menertibkan calo-calo di terminal, stasiun, bandara maupun pelabuhan.

Selain itu, dia menambahkan, koordinasi tersebut diperlukan untuk menjamin keamanan wilayah-wilayah jalur mudik yang rawan tindak kriminal.

Pada saat yang sama, Marwan mengimbau agar seluruh transportasi publik, baik darat, laut maupun udara mulai sekarang ini harus meningkatkan lagi perawatan dan kualitas semua armadanya agar mampu dan maksimal mengangkut para pemudik secara aman dan nyaman.

"Kami mengapresiasi sekaligus mendorong upaya pemerintah yang terus bekerja keras memperbaiki dan menyelesaikan proyek infrastruktur jalan dan jembatan supaya bisa dilewati para pemudik," ujarnya.

Namun, masih kata dia, kerja keras ini tidak boleh mengurangi mutu dan kualitas infrastruktur jalan dan jembatan, sehingga kondisinya tidak cepat rusak.

Pada bagian lain, Marwan mengatakan bahwa pemerintah perlu memikirkan jalur alternatif khusus sepeda motor untuk meminimalisir angka kecelakaan. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan pada lebaran dan arus mudik 2011, jumlah kecelakakan tercatat sebanyak 2.998 peristiwa, yang sebagian besar didominasi pengendara roda dua.

Oleh karena itu, ia menghimbau para pemudik agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan demi kenyamanan dan ketertiban bersama.

"Kesuksesan tradisi mudik dan minimnya tingkat kecelakaan bukan semata tugas pemerintah, melainkan tanggung jawab kita bersama," ujarnya.

Terhadap pengusaha angkutan publik seperti bus dan pesawat, Marwan berharap mereka tidak memberlakukan harga tiket di luar batas yang telah ditentukan pemerintah, hanya semata memanfaatkan momentum mudik untuk meraup untung sebanyak-banyaknya.

"Untuk itu, pemerintah perlu memberikan teguran dan hukuman bagi pengusaha angkutan umum yang semena-mena menaikan harga tiket," demikian Marwan.(*)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca