Rabu, 3 September 2014

Pemkab Bateng salurkan 432 ribu benih ikan

Rabu, 8 Agustus 2012 02:55 WIB | 2.557 Views
Koba, Bangka Tengah (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Provinsi Bangka Belitung, pada akhir Agustus 2012 ini menyalurkan sebanyak 432 ribu ekor benih ikan kepada 18 kelompok pembudidaya ikan air tawar untuk meringankan beban mereka dalam membeli benih ikan.

"Saat ini benih ikan itu sudah ada dan rencananya akan diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Bateng pada bulan ini juga, dengan harapan melalui bantuan benih itu ke depannya usaha setiap pokdakan terus berkembang," ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bateng, Heru Irianto P di Koba, Rabu.

Selanjutnya Kabid Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Bateng, Taufik, menjelaskan pengadaan bantuan sebanyak 432 ribu ekor benih ikan tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bateng 2012, sebesar Rp140.800.000.

Ia menjelaskan, rincian dari benih ikan yang akan disalurkan tersebut yakni terdiri dari benih nila sebanyak 112 ribu ekor dan lele 320 ribu ekor yang akan diserahkan kepada 18 pokdakan tersebar di enam kecamatan di daerah tersebut.

Enam kecamatan tersebut yakni Kecamatan Koba, Namang, Lubuk Besar, Pangkalan Baru, Simpang Katis dan Sungai Selan.

Sementara persyaratan yang harus dipenuhi setiap pokdakan untuk mendapatkan bantuan benih ikan yakni mereka yang telah mengajukan proposal permohonan bantuan benih pada 2011, pokdakan tersebut merupakan kelompok yang aktif.

Kemudian pokdakan tersebut memiliki kolam, telah masuk ke dalam daftar unit pelayanan pengembangan, memiliki komitmen yang tinggi untuk menggeluti usaha di sektor budidaya ikan air tawar dan lainnya.

"Setelah benih ikan itu diserahkan Bupati secara simbolis, maka seluruh benih ikan tersebut akan kami serahkan secara serentak kepada seluruh pokdakan yang telah dinyatakan layak menerima bantuan dengan harapan bantuan itu tepat sasaran," ujarnya.

Ia mengatakan, pemberian bantuan benih ikan tersebut sebagai salah satu wujud komitmen dari Pemkab Bateng terhadap pengembangan sektor perikanan sebagai salah satu usaha masyarakat yang disiapkan untuk menghadapi pascapenambangan pasir timah yang saat ini sudah mulai langka.

Ia berharap melalui upaya pemberian bantuan benih ikan tersebut ke depannya masyarakat khususnya pokdakan penerima bantuan dapat lebih termotivasi mengembangkan usahanya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota pokdakan yang bersangkutan.

"Saya berharap melalui bantuan benih ikan tersebut ke depannya sektor usaha perikanan khususnya di Bateng dapat terus berkembang dengan pesat untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, sehingga kehidupan mereka lebih sejahtera dibandingkan saat ini," ujarnya.
(KR-DSD/I013/)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga