Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Negara Indonesia Tbk memastikan akan menambah sebanyak 176 kantor kas di seluruh Indonesia untuk memperluas layanan jaringan nasabah.

"Totalnya pada akhir tahun ini BNI akan menambah 176 kantor kas," kata Direktur Jaringan dan Layanan BNI, Honggo Widjojo Kangmasto, di Jakarta, Rabu. Hingga Juli 2012 tercatat sebanyak 158 kantor kas baru telah dibangun.

Dia mengatakan, ratusan kantor kas itu dibangun di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa. "Persentasenya 50 persen Pulau Jawa, 50 persen luar Pulau Jawa," katanya. Untuk setiap pembangunan kantor kas baru, BNI mengucurkan dana senilai Rp2,5 miliar.

Di seluruh Indonesia saat ini total gerai BNI terdapat 1.533 unit. Gerai itu terdiri atas kantor wilayah, kantor cabang, cabang pembantu, kantor kas, payment point, BNI layanan gerak dan kas mobil.

Selain penambahan 176 kantor kas baru, BNI juga sedang menyiapkan untuk membuka satu kantor wilayah di Papua, 15 BNI layanan gerak dan 18 payment point. Sehingga total jumlah gerai pada akhir 2012 mendatang, BNI menargetkan 1.585 outlet di seluruh Indonesia.

BNI tahun ini meraih tujuh penghargaan terbaik untuk bank lokal dengan pelayanan pengelolaan tunai (cash management) yang dilakukan AsiaMoney Cash Management Poll 2012.

(SDP-46/A023)