Jumat, 19 Desember 2014

Warga diminta waspada produk makanan kedaluwarsa

| 2.545 Views
id makanan kedaluwarsa, minuman kedaluwarsa, pemkab pesisir selatan, kabupaten pesisir selatan
Warga diminta waspada produk makanan kedaluwarsa
Pemkab Pesisir Selatan (Antaranews/Grafis)
Painan, Sumbar (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengimbau warga daerah itu agar mewaspadai beredarnya makanan dan minuman tidak layak konsumsi dan kedaluwarsa.

"Menjelang lebaran ini seringkali jenis makanan dan minuman kadaluwarsa beredar dan digunakan untuk mengisi bingkisan lebaran (parsel). Maka itu warga harus waspada dan teliti memilih jenis makanan dan minuman untuk dikonsumsi karena bisa membahayakan kesehatan manusia," kata Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Syahrizal Antoni di Painan, Rabu.

Menurut dia, bukan hanya warga yang diminta waspada tentang beredarnya makanan dan minuman kadaluwarsa, tetapi juga pedagang agar mewaspadai penyuplai makanan dan minuman tersebut.

Untuk mengantisipasi peredaran jenis makanan dan minuman kadaluwarsa di Pesisir Selatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat terus melakukan pengawasan ke toko-toko, minimarket dan tempat penjual minuman dan makanan kaleng lainnya di kabupaten itu.

Menurut dia, peredaran produk kadaluwarsa tersebut, selain merugikan pedagang juga bisa mengancam kesehatan, bahkan dapat menyebabkan keracunan bagi masyarakat yang mengonsumsinya.

"Di sini bukan hanya masyarakat yang diminta lebih hati-hati, tetapi Pemkab setempat melalui dinas terkait juga terus melakukan pengawasan ketat," ujar dia.

Sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara ini, bahwa orang yang sengaja mengedarkan produk makanan dan minuman kedaluarsa tersebut bisa dikenakan sanksi karena telah melanggar undang-undang.

Dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen sudah dijelaskan bahwa bagi menjual produk yang sudah melampaui batas tanggal kedaluarsa, mengandung bahan berbahaya, komposisi dan berat yang tidak sesuai maka disanksi lima tahun penjara, bahkan, izin usaha pelaku bisa dicabut.

Sebut dia, bagi masyarakat yang hendak membeli atau mengonsumsi produk makanan dan minuman dalam parsel sebaiknya memeriksa izin edar produk dan tanggal kedaluwarsanya.

Produk makanan dan minuman yang dinyatakan aman dikonsumsi apabila sudah ada izin edar dan belum melampaui batas kadaluwarsa.

"Sebelum membeli makanan dan minuman harus memastikan dulu masa kadaluwarsa yang tertera dalam kemasannya, jika sudah melampaui jangan dipaksanakan untuk mengonsumsi karena sangat berbahaya bagi kesehatan," ujar dia.
(AGP/S023)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga