Rabu, 22 Oktober 2014

Rupiah sore melemah sembilan poin

| 1.498 Views
id rupiah, dolar as, nilai tukar rupiah, pasar uang
Rupiah sore melemah sembilan poin
Petugas menghitung dolar AS di tempat jual beli valas Ayu Masagung, Jakarta Pusat, Selasa (24/7). (FOTO ANTARA/Fanny Octavianus)
Jakarta (ANTARA News) - Mata uang rupiah terhadap dolar AS pada Rabu sore melemah tipis 9 poin di tengah kabar pasar terhadap kemungkinan diumumkannya "quantitave easing" (QE) ke tiga.

Rupiah di pasar uang antarbank di Jakarta Rabu sore bergerak melemah sembilan poin menjadi 9.467 per dolar AS dibanding posisi sebelumnya 9.458 per dolar AS.

"Rupiah terhadap dolar AS bergerak dalam kisaran sempit dipicu dari munculnya beberapa wacana di pasar keuangan seperti kemungkinan diumumkannya "quantitave easing" (QE) ke tiga," kata pengamat pasar Milenium Danatama Sekuritas Abidin di Jakarta, Rabu.

Ia menambahkan, sejumlah wacana dari Eropa yakni bank sentral Eropa (ECB) dalam waktu dekat akan terus menopang penguatan euro.

"Wacana yang belum terealisasi membuat nilai tukar bergerak dalam kisaran yang sempit cenderung melemah," kata dia.

Analis Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih menambahkan, ECB juga akan mengambil langkah untuk menahan laju pelemahan euro setelah Jerman kembali menegaskan dukungannya terhadap kebijakan ECB.

"Ekspektasi tersebut diharapkan dapat membuat nilai tukar berisiko menguat dan menekan dolar AS melemah," kata dia.

Sementara nilai tukar rupiah menurut kurs tengah Bank Indonesia, Rabu (8/8), berada pada 9.475 dibanding sebelumnya pada 9.472 per dolar AS.

(ANTARA)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga