Senin, 22 Desember 2014

Semua diplomat Swedia diusir dari Belarusia

| 5.714 Views
id swedia, duta besar swedia, belarusia
Kami mengetahui hal itu pagi ini
Stokholm (ANTARA News) - Swedia pada Rabu mengatakan seluruh diplomatnya diusir dari Belarusia, lima hari setelah negara bekas Soviet itu mengusir duta besar Swedia dalam tindakan Stokholm kaitan dengan sikap membela hak asasi manusianya.

"Presiden Aleaxander Lukashenko mengusir semua diplomat Swedia dari Belarusia. Kekhawatirannya menyangkut hak asasi manusia mencapai titik tinggi," kata Menlu Carl Bildt di Twitter, yang dipastikan oleh kementerian luar negeri.

"Kami mengetahui hal itu pagi ini," kata juru bicara kemlu Anders Joerle kepada AFP.

Bildt pekan lalu mengatakan dubes Stefan Eriksson, yang memegang jabatan itu di Minsk tahun 2008, diusir karena pertemuan-pertemuan yang ia selenggarakan dengan kelompok oposisi Belarus.

Stokholm segera membalas dengan mengatakan pihaknya tidak menyambut baik seorang dubes baru yang ditunjuk untuk menggantikan seorang utusan yang meninggalkan pos itu beberapa pekan lalu, dan mencabut izin tinggal bagi dua diplomat Belarus yang diminta meninggalkan negara Skandinavia itu.

Juru bicara Kemlu Belarus Andrei Savinykh pekan lalu membantah bahwa Stefan Erikson diusir, dengan mengatakan dalam bahasa yang lebih diplomatis bahwa "satu keputusan telah dibuat untuk tidak memperpanjang surat-surat kepercayaannya."

(SYS/H-RN/B002)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga