Sabtu, 30 Agustus 2014

Jabar rintis tuan rumah Asian Games 2018

Rabu, 8 Agustus 2012 21:08 WIB | 3.327 Views
Jabar rintis tuan rumah Asian Games 2018
Wagub Jabar Dede Yusuf (FOTO ANTARA)
Bandung (ANTARA News) - Jawa Barat akan mengajukan diri menjadi tuan rumah Asian Games 2018 setelah menyelenggarakan PON XIX/2016.

"Jawa Barat sangat memungkinkan menjadi tuan rumah Asian Games 2018, kami akan mengajukan diri untuk itu, dan siap untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan," kata Wakil Gubernur Jawa Barat H Dede Yusuf di sela-sela pemantauan latihan atlet Pelatda PON XVIII/2012 di Padjadjaran Sport Center Bandung, Rabu.

Dede yang juga mantan atlet nasional taekwondo itu menyatakan optimismenya untuk bisa menggelar ajang olahraga terbesar di Asia itu, pasalnya dua tahun sebelumnya Jabar menjadi tuan rumah PON XIV/2016.

Menurut Dede, dengan infrastruktur yang dibangun untuk PON, bisa digunakan untuk pertandingan Asian Games sekaligus menyetarakan Jabar dalam hal ini Bandung dengan kota-kota penyelenggara Asian Games lainnya.

"Jabar akan mampu menggelar ajang olahraga itu, Jabar pasti bisa," kata Dede.

Terkait langkah-langkah yang akan dilakukan Jabar, kata dia adalah membangun fasilitas olahraga yang bertaraf internasional sehingga bisa digunakan untuk ajang PON 2016 dan Asian Games 2018 sekaligus.

"Salah satunya adalah fasilitas kolam renang bertaraf internasional, lahan di Gedebage Bandung masih bisa dinegosiasikan untuk membangun fasilitas kolam renang itu," kata Dede Yusuf.

Dihadapan para pengurus KONI Jabar, Dede menyatakan Jabar harus optimistis, bukan hanya pada PON XVIII di Riau, menjadi tuan rumah PON XIX/2016 namun juga harus mempunyai optimistis untuk bisa menghadirkan Asian Games di Jawa Barat.

"Dengan optimistis dan kebersamaan, gawe bareng dan sinergis hal itu Asian Games bisa digelar di Jabar," katanya.

Sementara itu dalam kesempatan itu, Dede Yusuf melakukan peninjauan latihan atlet Pelatda PON Jabar di GOR Sasakawa yakni cabang anggar dan karate, cabang judo serta cabang pencak silat.

Pada kesempatan itu, Dede juga menyampaikan niatan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 kepada para atlet pencak silat dalam kesempatan terakhir peninjauan yang dilakukannya itu.

(S033/Y003)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga