Sabtu, 23 Agustus 2014

Fitch tegaskan peringkat "AAA" Jerman dengan prospek stabil

Kamis, 9 Agustus 2012 02:21 WIB | 2.286 Views
Fitch tegaskan peringkat
Gedung Fitch Ratings di New York (REUTERS/Jessica Rinaldi)
Frankfurt (ANTARA News) - Lembaga pemeringkat kredit internasional Fitch, Rabu, menegaskan peringkat teratas triple-A (AAA) untuk peringkat utang Jerman dengan prospek stabil.

"Penegasan ini mencerminkan kekuatan kredit Jerman yang sudah berjalan lama dan kinerja ekonomi yang kuat selama dua tahun terakhir," kata Fitch dalam pernyataannya, lapor AFP.

"Dengan latar belakang pemulihan global yang rapuh dan intensifikasi dari krisis zona euro, Jerman telah mencatat pertumbuhan PDB (produk domestik bruto) yang kuat dan kecenderungan penurunan pengangguran, sebagian akibat dari reformasi struktural sebelumnya."

Analis Fitch, Gergely Kiss, mencatat bahwa Jerman adalah satu-satunya negara maju utama yang memiliki tingkat pengangguran yang lebih rendah pada semester pertama 2012 dari pada 2007.

PDB Jerman tumbuh secara kumulatif 5,8 persen sejak awal 2010, dibandingkan dengan 2,3 persen untuk zona euro.

Kondisi moneter ditetapkan untuk zona euro keseluruhan oleh Bank Sentral Eropa adalah "akomodatif untuk Jerman berkat posisi siklus kuat dari ekonominya. Sebagai konsekuensi dari arus masuk modal "safe haven", imbal hasil juga di tingkat yang sangat rendah," kata Kiss.

Namun demikian, Jerman menghadapi risiko, analis memperingatkan.

"Resesi secara signifikan lebih dalam di sebagian besar mitra perdagangan zona euro juga bisa mendorong Jerman ke dalam resesi dengan dampak negatif bagi posisi fiskal juga," tulisnya.

Selain itu, kontribusi tambahan yang cukup besar untuk dana talangan zona euro "bisa mendorong tingkat utang Jerman di atas 90 persen dari PDB, dekat dengan batas atas Fitch yang secara umum dianggap konsisten dengan peringkat `AAA`. Materialisasi dari risiko ini akan memberikan tekanan ke bawah pada peringkat," kata Kiss.

Pada akhir Juli, lembaga pemeringkat, Moody`s, mengambil langkah pertama ke arah pengupasan peringkat kredit AAA Jerman dan menurunkan prospek untuk ekonomi terbesar dan paling penting di Eropa itu menjadi "negatif." (A026)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca