Selasa, 2 September 2014

Google buat pencarian untuk kotak surat

Kamis, 9 Agustus 2012 12:04 WIB | 1.957 Views
Google buat pencarian untuk kotak surat
Google (istimewa)
San Francisco (ANTARA News) - Google membolehkan penggunanya untuk memperluas pencarian dalam jaringan, online, hingga ke pesan-pesan yang tersimpan dalam akun Gmail.

"Terkadang, jawaban yang terbaik untuk pertanyaan anda tidak ada di pencarian publik, bisa di mana saja, misalnya di email Anda," kata Wakil Presiden Senior Google Search Amit Singhal melalui tulisan di blog.

"Kami rasa Anda tidak perlu berubah menjadi mesin pencari mini untuk menemukan informasi berguna," katanya.

Goolge mengundang pengguna untuk mengunjungi google.com/experimental/gmailfieldtrial untuk bergabung dalam fitur baru yang masih dalam penyempurnaan.

"Kami sedang mengembangkan cara untuk menemukan informasi yang berguna dan tidak mengganggu. Kami hargai masukan Anda," kata Singhal.

Percobaan ini terbatas pada pencarian dalam bahasa Inggris dan pesan-pesan yang ada di akun Gmail.

Perbaikan yang masih dikerjakan termasuk sebuah fitur pengaturan konfirmasi surat elektronik sehingga permintaan "my flights" akan menghasilkan daftar singkat pemesanan.

"Ini masih tahap kecil, tapi penting dalam pengembangan mesin pencari masa depan kami," kata Singhal.

Tahapan itu termasuk meningkatkan pencarian Google untuk melihat kata-kata pertanyaan demi memahami  apa yang orang cari.

Teknologi "Knowledge Graph" dibangun unutk mengenali orang, tempat, atau hal yang ada di kata kunci diperluas, dari Amerika Serikat ke negara-negara berbahasa Inggris di dunia.

"'Knowledge Graph' dibuat untuk mengerti hal-hal nyata di dunia," kata anggota Google Ben Gomes kepada AFP.

Gomes membayangkan pencarian Goolge dapat menjawab pertanyaan rumit seperti tempat konser Lady Gaga di luar ruangan dan hangat atau lokasi taman bermain dekat restoran vegetarian.

Sekarang pengguna Google yang berbahasa Inggris akan melihat kotak di halaman pencarian yang mengusulkan pencarian apa yang menarik bagi mereka.

Dalam sebuah demonstrasi pencarian kata "Rio", pencarian memberi beberapa usulan seperti kota di Brasil, kasino Las Vegas, atau film.

Google telah memperhalus algoritma mereka untuk menyisir informasi dari database seperti Freebase dan Wikipedia untuk memberi konteks pada kata dan menggunakan pencarian umum, kata Gomes.

Contoh pada pencarian "Simpsons", pembuat kartun Matt Groening muncul di kotak "Knowledge Graph" yang menyebutkan orang tua dan saudara perempuannya memiliki nama depan yang sama dengan karakter fiksi terkenal ciptaannya, Homer, Marge, dan Lisa.

"Knowledge Graph" Google diprogram untuk mengenali lebih dari 500 juta orang, tempat, atau benda dengan kombinasi total 3,5 milyar atribut dan asosiasi diantara bit informasi.

Perubahan diharapkan berada pada sejumlah besar pertanyaan, dan direkatkan dengan mobile gadget sehingga memungkinkan orang-orang dapat mencari dengan menyentuh layar.

Google berada dalam tekanan konstan untuk memperhalus pelayanannya , demi mempertahankan gelar sebagai mesin pencari favorit di dunia dan pendapatan dari iklan online.
(nta)


 

Penerjemah: Natisha Andarningtyas

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga