Cincinnati (ANTARA News) - Mantan astronot Neil Armstrong, manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan, pulih dari operasi jantung.

Menurut keterangan dari NASA yang dikutip kantor berita Reuters pada Rabu, Armstrong yang berusia 82 tahun menjalani operasi untuk menghilangkan sumbatan di arteri jantungnya pada Selasa (8/8).

Kepada NBC News, istrinya, Carol Armstrong, mengatakan kondisi sang astronot sudah membaik.

Sebagai komandan misi Apollo 11, Armstrong menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan pada 20 Juli 1969.

Setelah mengendarai pesawat Eagle ke bulan, Armstrong menuruni tangga menuju permukaan bulan yang berdebu dan mengatakan, "Ini adalah langkah kecil seorang manusia namun merupakan lompatan besar bagi umat manusia."

Pejabat NASA Charles Bolden menyebut Armstrong sebagai "pahlawan Amerika sejati" dan berharap agar dia segera kembali sehat.

"Semangat kepeloporan Neil akan membantunya mengatasi saat-saat berat ini dan seluruh keluarga besar NASA akan mendukung keluarga Armstrong dengan doa dan perhatian kami," kata Bolden dalam sebuah pernyataan.

Armstrong turut berjuang dengan pasukan Amerika Serikat dalam perang Korea dan merupakan pilot penguji di Badan Aeronautika Amerika Serikat yang kemudian berubah menjadi NASA.

Setelah meninggalkan NASA dia kemudian mengajar di Universitas Cincinnati di kampung halamannya Ohio, tempat ia dan istrinya menetap.

(G003)