Kamis, 23 Oktober 2014

Militer Suriah bantai ratusan milisi oposan di Allepo

| 6.116 Views
id gerilyawan suriah, oposan bersenjata, militer suriah, kota aleppo, bashar al asaad, aleppo direbut
Militer Suriah bantai ratusan milisi oposan di Allepo
Sejumlah tank militer memasuki Jabal Al-Zawya di Idlib, Suri'ah, Senin (1/8), dalam video yang disiarkan satu situs media sosial. Jumlah korban tewas dalam kerusuhan di Suriah menentang kepemimpinan Presiden Bashar al-Asaad di Hama dan kota-kota lainnya meningkat Selasa lalu, mendesak pihak Barat untuk menambah tekanan diplomatik atas pemerintah Suriah. (REUTERS/Social Media Website via Reuters TV Damascus)
... 60 orang tewas pada Rabu di seluruh negeri itu, 38 di antara mereka adalah warga sipil tak bersenjata...
Damaskus, Suriah (ANTARA News) - Ratusan gerilyawan atau milisi oposan bersenjata tewas, di Distrik Salahuddien, Aleppo Utara, Suriah, Rabu (8/8). Operasi militer pemberantasan milisi oposan atas perintah Presiden Suriah, Bashar al-Asaad, telah membersihkan daerah itu dari gerilyawan bersenjata dan menguasai kembali daerah tersebut. 

Bentrokan bersenjata sengit terjadi di sana, demikian laporan Kantor Berita resmi Suriah, SANA.
Ratusan pria bersenjata tewas di Salahuddien, sementara media pro-pemerintah menyatakan 80 pria bersenjata tewas di Permukiman Mayer di pinggiran Aleppo.

SANA menyatakan tentara Suriah melancarkan "pukulan mematikan" terhadap beberapa kelompok gerilyawan bersenjata di Salahuddien. Personel militer dari Damaskus kini menyusuri seluruh distrik itu setelah menewaskan sebagian besar gerilyawan bersenjata di sana.

Banyak pria anggota milisi oposan bersenjata telah menyerahkan diri kepada pihak berwenang.

Distrik Salahuddien dengan Aleppo-nya adalah wilayah pertama yang bisa direbut milisi oposan bersenjata. Al-Asaad tidak segera bertindak untuk menumpas perebutan wilayah itu meski akhirnya operasi militer benar-benar dilancarkan Damaskus.

Observatorium Bagi Hak Asasi Manusia Suriah menyatakan bentrokan sengit masih berkecamuk di permukiman Salahuddien, Bustan al-Qasr dan al-Firdous. Bentrokan juga berlangsung di permukiman al-Midan di Aleppo, saat gerilyawan berusaha menghadapi serangan militer.

Observatorium tersebut menyatakan 60 orang tewas pada Rabu di seluruh negeri itu, 38 di antara mereka adalah warga sipil tak bersenjata.

Bentrokan di Aleppo berawal pada Juli, dalam apa yang tampak sebagai pertarungan mematikan terakhir antara tentara pemerintah dan gerilyawan bersenjata, dengan tujuan meraih tempat berpijak di daerah Suriah utara di perbatasan dengan Turki.

(C003) 

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga