Kamis, 23 Oktober 2014

Gempa Lombok dirasakan warga Sumbawa

| 2.845 Views
id gempa ntb, gempa lombok tengah, gempa bumi, bmkg
Gempa Lombok dirasakan warga Sumbawa
gempa ntb (ANTARA-News/BMKG)
Kami khawatir gempa tersebut mengakibatkan tsunami, karena rumah kami kebetulan dekat pantai,"
Mataram (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR) yang mengguncang Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat Kamis (9/8) malam sekitar pukul 18.04 WIB juga dirasakan cukup keras di Kabupaten Pulau Sumbawa khususnya Sumbawa Barat.

Bambang Mardiansyah, warga Desa Labuan Lalar, Kecamatan Taliwang, Sumbawa Barat juga mengaku terkejut akibat guncangan gempa tersebut sehingga terpaksa lari ke luar rumah.

"Kami khawatir gempa tersebut mengakibatkan tsunami, karena rumah kami kebetulan dekat pantai," katanya.

Bahkan, katanya, sesaat setelah terjadinya gempa pesawat televisi mati secara tiba-tiba.

Menurut data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berlokasi 61 kilometer tenggara Lombok Tengah, 78 kilometer barat daya Sumbawa Barat, 81 kilometer tenggara Provinsi NTB.

Lokasi gempa pada koordinat 9.27 lintang selatan (LS) -- 116.37 bujur Timur (BT) pada kedalaman 77 kilometer. Gempa dirasakan di Kota Mataram dan seluruh kabupaten di Pulau Lombok.

Di Kota Mataram gempa dirasakan cukup keras menyebabkan warga yang baru selesai berbuka puasa berhamburan ke luar rumah.

H Hafudin, salah seorang warga Mataram mengaku terkejut dan lari berhamburan ke luar rumah bersama keluarganya, karena takut rumahnya roboh.

"Kami terpaksa lari ke luar rumah karena gempa tersebut terasa cukup keras. Kami takut gempa itu merobohkan rumah," katanya.

Belum ada informasi mengenai adanya bangunan yang rusak akibat gempa berkekuatan 5,6 SR, baik di Kota Mataram, termasuk dari Kabupaten Lombok Tengah yang lokasinya relatif dekat dengan pusat gempa.
(M025/E005)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga