Sabtu, 25 Oktober 2014

Gedung Putih puji upaya Yaman perangi Alqaida

| 2.413 Views
id teroris alqaida, yaman-as, yaman
Sejak Presiden Hadi menjabat, ada tekad baru, konsistensi baru dalam upaya pemerintah Yaman untuk kontra-terorisme,"
Washington (ANTARA News) - Pejabat tinggi Gedung Putih pada Rabu memuji gerakan anti-Qaida Presiden baru Yaman Abdrabuh Mandur Hadi serta menghargai "tekad baru" pemerintahannya memerangi jaringan tersebut.

"Sejak Presiden Hadi menjabat, ada tekad baru, konsistensi baru dalam upaya pemerintah Yaman untuk kontra-terorisme," kata Kepala Penasihat Kontra-Terorisme John Brennan dalam dialog dengan kelompok pakar Dewan Hubungan Luar Negeri di Washington.

Amerika Serikat menjaga hubungan baik dengan pendahulu Hadi, Ali Abdullah Saleh yang mengundurkan diri pada Febuari setelah berkuasa selama 33 tahun. Namun Brennan mengatakan bahwa ada "perbedaan pendapat mendasar" dengan mantan presiden itu.

"Ada semacam percampuran antara politik, suku dan banyak hal lain yang berbeda... dan pada saat itu pemerintah Yaman sebelum Presiden Hadi melihat bahwa operasi kontraterorisme tertentu dapat mempengaruhi ekuitas politik mereka," katanya.

Brennan mengatakan pasukan Yaman di bawah kepemimpinan Presiden Hadi telah melakukan "tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya" pada Alqaida di Semenanjung Arab (AQAP) - yang secara luas dilihat Washington sebagai jaringan global yang paling berbahaya.

Amerika Serikat terus memberikan bantuan militer ke Yaman, termasuk 159 juta dolar AS untuk tahun ini saja, dan melakukan serangan udara pada Alqaida, kata Brennan.

"Bertentangan dengan keyakinan konvensional, kami melihat sedikit bukti bahwa tindakan ini dapat memicu meluasnya sentimen anti-Amerika atau rekruitmen untuk AQAP," katanya.

Brennan menambahkan bahwa lebih dari setengah dari 337 juta dolar bantuan AS difokuskan untuk transisi politik, kemanusiaan dan pembangunan.
(G003/B002

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga