Kamis, 2 Oktober 2014

PNS wajib baca tulis Al Quran

Kamis, 9 Agustus 2012 21:02 WIB | 5.978 Views
PNS wajib baca tulis Al Quran
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Yusran Uccang)
Pemerintah berharap dengan kebijakan itu maka kedepan tidak ada lagi PNS di Mamuju buta akan tata cara baca tulis Al Quran
Mamuju (ANTARA News)- Bupati Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, Drs Suhardi Duka MM, mengatakan bahwa setiap PNS beragama Islam akan diwajibkan bisa baca tulis Al Quran.

"Setiap PNS akan diwajibkan bisa membaca Al Quran, sehingga setiap waktu penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di daerah ini, akan diadakan tes baca tulis Al Quran," kata Bupati Mamuju Drs Suhardi Duka MM, di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, Pemerintah di Mamuju telah melakukan kerjasama dengan Kementrian Agama Mamuju mengenai akan dilaksanakannya tes baca tulis Al Quran pada saat penerimaan PNS di Mamuju.

Sehingga bagi masyarakat Mamuju yang akan mendaftar sebagai PNS di Mamuju harus segera mengetahui tata cara baca tulis Al Quran agar tidak mengalami kesulitan ketika ingin menjadi PNS di Mamuju.

"Pemerintah berharap dengan kebijakan itu maka kedepan tidak ada lagi PNS di Mamuju buta akan tata cara baca tulis Al Quran,"katanya.

Menurut dia, Pemerintah di Mamuju juga sangat mendukung kebijakan Kemenag Mamuju yang mulai memprogramkan menggairahkan baca tulis Al Quran kepada siswa.

Ia mengatakan, Kemenag Mamuju juga telah melakukan perjanjian kerjasama dengan pemerintah di Mamuju melalui Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Mamuju untuk program menggairahkan baca tulis Al Quran kepada siswa itu.

"Dengan kebijakan itu maka setiap siswa yang akan melanjutkan jenjang pendidikan mulai dari tingkat SD sampai SLTA diwajibkan mengetahui baca tulis Al Quran dan bila tidak mengetahuinya maka tidak akan lansung diberikan kesempatan melanjutkan pendidikan,"katanya.

Tetapi kata dia, akan dibina terlebih dahulu agar dapat mengetahui baca tulis Al Quran sampai menguasainya.

Menurut dia, dengan kebijakan itu diharapkan mulai tahun 2013 mendatang tidak akan ada lagi siswa yang buta baca tulis Al Quran dan diharapkan Al Quran akan semakin dapat menjadi pedoman bagi masyarakat di Mamuju dalam menjalankan kehidupannya.

"Al Quran merupakan dasar untuk meningkatkan rasa keagamaan makanya setiap manusia harus mengerti cara membacanya mengetahui kandungannya dan mampu mengamalkannya sebagai pedoman agar setiap manusia dapat menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa,"katanya.

Ia berharap masyarakat Mamuju dapat terus meningkatkan ketaqwaan dan keimanannya dalam beragama karena itu juga akan menjadikan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah menuju kearah yang lebih baik dengan memahami Al Quran sebagai pedoman hidup agar dapat hidup lebih baik.

(KR-MFH)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga