Minggu, 21 September 2014

Calon pasangan pasutri Mamuju dites baca Alquran

Kamis, 9 Agustus 2012 22:42 WIB | 5.438 Views
Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat akan memberikan tes baca Alquran kepada calon pasangan suami istri (Pasutri) yang akan menikah.

Bupati Mamuju, Drs Suhardi Duka MM, di Mamuju, Kamis, mengatakan, sebelum menikah setiap calon Pasutri di Mamuju akan menjalani tes membaca Alquran.

Ia mengatakan, tes baca Alquran tersebut untuk mengetahui kemampuan setiap calon pasutri dalam membaca Alquran apakah mampu atau tidak.

"Sebelum melaksanakan ijab kabul setiap calon pasangan Pasutri akan diberikan tes baca Alquran, untuk mengetahui kemampuan setiap Pasutri membaca Alquran," katanya.

Menurut dia, kalau tidak mampu maka nantinya Pasutri akan diberikan bimbingan untuk mengetahui baca Alquran, agar kelak setiap masyarakat Mamuju sudah tidak ada lagi yang buta aksara dalam membaca Alquran.

Bupati mengatakan, kebijakan tes baca Alquran bagi calon pasutri Mamuju akan dikerjasamakan dengan Kementrian Agama Kabupaten Mamuju dalam program pelaksanaannya.

"Setiap kantor urusan agama Kementrian Agama yang ada di sejumlah Kecamatan di Mamuju akan menjadi lembaga yang akan melakukan tes baca Alquran terhadap calon Pasutri,"katanya.

Ia berharap dengan program tersebut, maka diharapkan setiap masyarakat umat muslim di Mamuju akan mampu meningkatkan rasa keagamaannya dengan memahami cara membaca Alquran dan nantinya akan semakin mengerti cara mengamalkannya.

"Pemerintah ingin menciptakan masyarakat religius di Mamuju dalam kesehariannya agar dapat menciptakan masyarakat yang memiliki kesolehan sosial yang tentunya akan banyak membantu pemerintah melaksanakan pembangunan yang lebih baik," katanya.
(KR-MFH/N001)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga